Tips Mengatasi Virus Shortcut Pada Flashdisk

Sampai pada saat ini, isu kemanan masih menjadi momok yang menakutkan bagi para pengguna windows, karena banyaknya pengguna Operating System ini secara otomatis banyak pula malware atau virus yang mengikuti perkembangannya. Beberapa virus yang muncul di Windows adalah murni buatan pengguna namun ada juga beberapa virus ini tercipta dengan sendirinya.

Salah satu virus yang sampai saat ini masih dialami oleh banyak pengguna Windows adalah virus shortcut, virus yang satu ini biasanya mengubah properti file menjadi hidden dan membuat shortcut - shortcut baru dalam sebuah flashdisk, bukan hanya itu, setiap flashdisk yang sudah mengandung virus ini dapat dengan mudah menginfeksi komputer lain.

Cara Mengatasi Virus Shortcut Pada Flashdisk

Berikut ini beberapa tips untuk Mencegah dan Mengatasi Virus Shortcut pada flashdisk.

# Jika komputer belum ter-infeksi virus ini :


  • Gunakan Antivirus
Dalam hal ini saya lebih menyarankan kamu unteuk menggunakan antivirus bawaan Windows yaitu Windows Defender. karena memang antivirus ini sudah terpasang secara bawaan jadi kamu tidak perlu lagi mencari software antivirus yang lain.
  • Selalu Update Windows Defender
Seberapa hebatpun sebuah antivirus tidak akan bisa mengatasi virus - virus tertentu jika tidak melakukan update secara rutin, karena database virus sangat mempengaruhi kinerja antivirus dalam megenali malware baru yang terus bermunculan. Jadi usahakan selalu update Windows Defender kamu agar mengenali signature dari virus - virus baru.
  • Jangan Menggunakan Multi Antivirus dalam 1 Komputer
Meskipun software antivirus ini dedesain untuk menjadi antivirus, namun jika penggunaannya kurang tepat malah sebaliknya, software antivirus ini bisa melahirkan malware baru yang pasti tidak dapat diatasi oleh antivirus itu sendiri. jadi usahakan untuk menggunakan 1 antivirus saja dalam satu komputer, disamping kinerjanya bisa maksimal, kemungkinan malfunction pada aplikasi tersebut akan dapat diminimalisir.

# Jika komputer telah terinfeksi virus ini :


  • Update Windows Defender
Jika kamu menemui sebuah flashdisk yang kamu colokkan di komputer kamu sudah berisi shortcut, dan setelah kamu format flash disk tersebut masih saja muncul shortcut baru berarti komputer kamu sudah terinfeksi virus ini, maka segera lakukan update Windows Defender kamu dan lakukan scan secara menyeluruh terhadap seluruh bagian sistem.
  • Cari Proses - Proses non-Windows yang Mencurigakan
Untuk dapat menemukan proses yang sedang berjalan, kamu perlu membuka Task Manager dan cari proses - proses yang mencurigakan seperti contohnya "Vud8eCb" dan sebagainya, klik kanan pada pada proses tersebut dan pilih Open File Location dan hapus saja.
  • Lakukan Install Ulang
Cara terakhir yang bisa kamu lakukan jika komputer kamu sudah ter-infeksi virus adalah dengan cara install ulang, namun cara ini saya anjurkan jika memang cara - cara yang lain sudah tidak dapat digunakan lagi. karena menginstall ulang juga nasih beresiko terkena virus yang sama jika kita mempunya beberapa partisi hard disk. karena bisa jadi virus tersebut berada di partisi yang lain misal di drive D:\ atau E:\, dan untuk mengatasi hal ini apabila kamu sudah selesai install ulang silahkan kamu update dulu Windows Defender kamu baru selanjutnya buka Drive selain C:\.

Itulah tadi bebeapa tips untuk mencegah dan mengatasi virus shortcut di komputer windows, jika masih menemui masalah silahkan sampaikan pertanyaanmu di komentar agar dapat dipecahkan bersama - sama. terima kasih.


EmoticonEmoticon