Mengatasi Hasil Print-Out Terputus (Terpotong)

Melakukan pencetakan dokumen merupakan bagian penting dalam proses pembuatan arsip dan sebagainya, namun terkadang banyak para pengguna komputer yang belum mengetahui betul bagaimana cara mencetak menggunakan printer dengan benar. Adakalanya dokumen yang dicetak tersebut terlalu kecil adakalanya dokumen tersebut terlalu besar, sehingga dokumen yang seharusnya tercetak dalam satu lembar, menjadi beberapa lembar cetakan. Perlu saya jelaskan terlebih dahulu bahwa beberapa faktor yang mempengaruhi hasil cetak, bisa karena ukuran dokumennya memang besar, dan bisa juga karena pengaturan printernya yang kurang tepat, sehingga biasanya bagian tertentu dari sebuah dokumen tidak dapat tercetak oleh printer.

Dalam kesempatan yang baik ini saya akan membahas tentang Cara Mengatasi Print-Out Terputus. Sebagai pengguna yang sudah terbiasa dengan hal ini tentu saja tidak kaget dan dapat langsung mengatasinya tanpa ada masalah, namun bagi para pengguna baru, menemukan dokumen yang hasil cetaknya terputus merupakan suatu dilema bersar.
Mengatasi Print out terpotong

Berikut ini beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan sebelum membuat dan kemudian mencetak dokumen.

Pengaturan Ukuran Kertas

Biasanya saat seseorang membuat dokumen baru (para pemula) melupakan satu hal penting dalam pembuatan dokumen tersebut, jika seseorang membuat dokumen katakanlam menggunakan MS Office maka sebaiknya terlebih dahulu mengatur ukuran kertas yang akan digunakan untuk mencetak nantinya. pada program MS Office pengaturan ini bisa ditemukan di menu Page Layout atau Page Setup. setelah disesuaikan ukuran kertasnya barulah selanjutnya membuat dokumen tersebut.

Pengaturan Printer

Hal yang paling banyak terjadi adalah kurang tepatnya pengaturan ukuran kertas pada printer sehingga dapat menyebabkan terpotongnya sebagian dokumen atau gambar yang dicetak. Untuk mengatasi hal ini kamu bisa menyesuaikan pengaturan printer dari Control Panel >Devices and Printers pilih printer yang akan disetting klik kanan dan pilih Printing Preferences, disana akan ada pilihan untuk menyesuaikan ukuran kertas yang digunakan dan biasanya terdapat pada menu Page Setup atau bisa juga Paper Size tergantung printer yang digunakan.

Media Cetak Kurang Tepat

Perlu diketahui bahwa ukuran kertas Internasional berbeda dengan ukuran kertas yang ada dan tersedia di Indonesia maka jika tidak pandai - pandai mensiasati ukuran kertas ini maka bisa terjadi terputusnya sebagian hasil cetak dokumen. berikut ini beberapa ukuran kertas yang biasa digunakan untuk mencetak dokumen dalam lingkungan perkantoran :

  • Letter = A4s
  • A4 = A4
  • Legal = Folio
Dengan mengetahui ukuran kertas di atas saya rasa kamu sudah bisa menyesuaikan pengaturan halaman baik di dalam program maupun saat mengatur dalam pengaturan printer.

Tentunya masih banyak lagi hal yang mempengaruhi terjadinya dokumen terpotong saat mencetak, karena biasanya jenis dan juga merek printer yang digunakan juga memiliki kapasitas yang berbeda, oleh sebab itu jika memang kamu masih menemukan masalah saat mencetak dokumen, jangan ragu silahkan tanyakan saja melalui komentar, agar semua bisa saling membantu.

Sekian kali ini selamat mencoba dan semoga berhasil salam - Multi Clip Media

12 comments

saya punya printercanon e400 setiap kali saya ngeprit a4 pasti bagian bawah kepotong, memang saat baru beli hasilnya bagus, cuman saya pernah utak atik settingannya printer ketika ngeprint ke ukuran legal, namun semua settingan sepengetahuan saya sudah saya kembalikan ke settingan semula seperti saya baru beli dulu, namun sapai sekarang ketika ngeprint ukuran a4, hasilnya selelu tidak sesuai dengan page layout yang saya harapkan, mohon arahan nya mas broo,, thanks before.

Iya mas saya juga seperti ini, bagaimana cara biar tidak terpotong?

Printer Canon E410 benar2 tak bisa ngeprint ukuran A4 walau kita sett pada awal new dukumnet ataupun di sett wakti ngeprintnya.

Setuju gan. Ada solusi gk untuk msalah ini?

Gan mau tanya, sy pakai printer epson l310. Kenapa ya setiap saya ngeprint 3cm kebawah selalu terpotong terus pdhl ukuran kertas di word dan printer sdh sesuai, margin pun sdh saya letakkan di paling bawah(sisa kira2 cm 0.5cm)?
Terimakasih

Canon pixma e410 saya kalo buat fotocopy pasty kepotong nda full. Ada yang bisa bantu

Min caranya setting printer hp 2135 biat ga kepotkng gimana min

canon e410 walau udah diatur di file ataupun setting printer, tetep aja kepotong, ada solusikah ?

Hasil Cannon e410 buat fotocopy selalu terpotong padahal untuk fotocopy jenis kertas a4


EmoticonEmoticon