Cara Membuat Blog Wordpress Bagian 1 (Membuat Nama Domain)

Selain Blogger ada banyak platform blog gratis yang bisa kamu gunakan untuk membuat blog atau website tertentu, menggunakan platform tertentu pastinya ada beberapa kelebihan dan juga kekurangan spesifik, jika kamu menggunakan blogger, kamu bisa langsung membuatnya asal kamu punya akun Google, begitupun juga dengan Wordpress kamu juga bisa langsung mendaftarkan blog kamu dengan subdomain gratis dari Wordpress, biasanya website wordpress dengan subdomain wordpress akan menjadi seperti "namadomain.wordpress.com".

Dalam kesempatan yang baik ini saya akan membahas tentang Cara Membuat Blog Wordpress. namun saya akan membaginya dalam beberapa artikel yang terpisah, karena jika saya jadikan satu nantinya akan lebih sulit untuk dipahami. beberapa artikel selanjutnya nanti akan membahas tentang lanjutan tutorial membuat blog wordpress dengan menggunakan domain dan hosting gratis sampai selesai.

Tutorial membuat blog dengan wordpress ini akan berisi :
Baiklah langkah pertama untuk membuat blog Wordpress adalah mempersiapkan nama domain, silahkan kamu pilih sendiri mau gunakan domain gratis atau yang berbayar, namun dalam pembahasan ini karena hanya sebagai contoh saya akan membuat domain gratis dari freenom.

Untuk membuat domain baru di freenom, silahkan kamu menuju website freenom di www.freenom.com kamu akan menemukan tampilan seperti gambar berikut ini, sekedar untuk diperhatikan, silahkan pilih bahasa inggris saja agar nantinya prosesnya bisa lebih mudah.
Cek ketersediaan nama domain baru

Isikan nama domain yang kamu inginkan pada kotak yang tersedia, kemudian klik Check Availability dan jika memang domain yang kamu inginkan masih tersedia kamu akan diberikan beberapa pilihan antara lain domain .tk, .cf, .ml, .ga dan sebagainya silahkan pilih sesukamu dengan mengklik tombol Get It Now! di sebelah kanan kemudian scroll ke atas dan klik Checkout.

Pada halaman berikutnya di bagian Period silahkan ganti menjadi 12 Months @ FREE, maksudnya nanti domain yang kamu daftarkan akan aktif selama 12 bulan. setelah itu klik Continue.
domain aktif 12 bulan secara gratis
Selanjutnya kamu akan diminta untuk Log In ke freenom, namun jika kamu belum mempunyai akun freenom maka kamu harus mendaftar terlebih dahulu, caranya silahkan masukkan alamat email kamu pada textbox di bagian kiri bawah halaman. Setelah kamu mengisiskan alamat email kamu silahkan kamu klik Verify My Email Address.

Setelah itu silahkan buka email kamu, kamu akan mendapatkan email dari "noreply@freenom.com" yang beisikan link verifikasi alamat email kamu, silahkan kamu klik link dalam email tersebut.

Selanjutnya kamu akan diminta untuk memasukkan detail tentang kontak kamu mulai dari nama, alamat, nama perusahaan dan sebagainya. silahkan lengkapi data tersebut, jangan lupa isikan juga nomor HP dan juga password baru untuk akun freenom baru kamu setelah itu silahkan kamu centang bagian persetujuan dan klik tombol Complete Order. kurang lebih tampilannya seperti gambar di bawah ini :
Complete Order
Jika proses pendaftaran kamu berhasil, kamu akan medapatkan laporan bahwa kamu telah berhasil membuat nama domain gratis tersebut dan tampilannya akan seperti gambar di bawah ini :
Pendaftaran Sukses

Dengan begitu sekarang kamu sudah mempunyai satu nama domain gratis dari freenom. untuk memeriksa domain yang sudah kita pesan silahkan kamu menuju Client Area pilih menu Domain dan pilih My Domains. Selamat karena domain kamu sudah aktif untuk waktu 12 bulan sebagaimana kita mendaftar pada langkah sebelumnya.

Jika kamu menemui permasalahan saat mendaftarkan nama domain baru silahkan konsultasikan melalui komentar agar nanti bisa saling share pengetahuan dan pengalaman tentang Cara Membuat Domain Gratis.

Langkah selanjutnya akan saya jelaskan pada artikel yang akan datang. sekian selamat mencoba dan semoga berhasil.

Artikel selanjutnya silahkan baca :
Membuat Blog Wordpress Bagian 2 (Membuat Akun Webhosting)

3 comments

owalah jadi begitu caranya, bisa di coba nih

Tapi lebih asik pake blogspot gan.
menurut saya paling aman


EmoticonEmoticon