Mengatur Halaman Pada MS Excel 2013

Agar dokumen yang kamu buat dapat tercetak dengan baik maka hal terpenting yang harus dipertimbangkan adalah pengaturan halaman pada saat pembuatan dokumen tertentu, terlebih lagi jika dokumen yang kamu buat adalah dokumen MS Excel, sesuai dengan namanya yaitu Excel Spreadsheet, dokumen MS Excel berupa lembar sebar, yaitu dokumen yang tidak terbatas jumlahnya dan apabila tidak dilakukan pengaturan halaman pada dokumen tersebut maka hasil cetaknya bisa jadi berantakan dan tidak beraturan.
Untuk mengatur halaman, langkah – langkah yang perlu kamu lakukan adalah beberapa langkah mudah berikut ini.

A. MENENTUKAN UKURAN KERTAS

Agar nantinya halaman dokumen kamu bisa tercetak dengan baik maka silahkan atur dulu kertas yang akan kamu gunakan untuk mencetak ini bisa kamu lakukan dengan cara sebagai berikut :

  • Buka dokumen MS Excel kamu
  • Pilih menu PAGE LAYOUT pada menu paling atas.
  • Pada Menu ini silahkan kamu cari ikon Size dan pilih sesuai kertas yang kamu gunakan. Dalam contoh ini saya menggunakan kertas ukuran A4 jadi saya pilih A4.
  • Selanjutnya pilih orientasi kertas kamu dengan mengklik tombol Orientation dan pilih Potrait jika dokumen kamu nantinya berbentuk tegak, dan pilih Landscape jika dokumen kamu nantinya berbentuk miring. dalam contoh kali ini saya menggunakan orientasi landscape jadi saya pilih Landscape.
  • Setelah itu akan muncul garis putus - putus di tengah dokumen kamu, garis tersebut merupakan batas halaman yang nantinya akan tercetak dalam satu lembar kertas. Silahkan kamu simak gambar berikut ini untuk lebih jelasnya.
mengatur page layout

B. MENGATUR UKURAN DOKUMEN

Jika kamu sudah menentukan ukuran dan orientasi kertas yang akan kamu gunakan untuk mencetak, maka langkah berikutnya adalah mengatur ukuran dokumen tersebut agar sesuai dengan ukuran kertas yang digunakan, hal ini penting karena terkadang dokumen yang kamu buat bisa saja lebih besar dari ukuran kertas kamu jadi dokumen yang seharusnya tercetak dalam satu lembar akhirnya menjadi beberapa lembar ini tentu saja gak lucu. Untuk itu perlu kamu lakukan beberapa langkah berikut agar dokumen kamu bisa sesuai dengan ukuran kertas yang digunakan :
  • Pilih menu VIEW
  • Di sebelah kiri pada bagian Workbook Views silahkan pilih Page Break Preview, dan tampilan dokumen kamu akan berubah dengan munculnya pembatas halaman menjadi garis putus - putus berwarna biru yang artinya dokumen yang berada di luar garis biru ini akan tercetak pada lembar berikutnya, dan untuk menyesuaikannya silahkan :
  • Arahkan kursor ke garis biru tegak
  • Drag (Klik+Tahan+Geser) garis biru tersebut sampai tepi dokumen yang seharusnya tercetak menjadi satu lembar
  • Selesai silahkan lakukan Print Preview dengan menekan menu FILE dan klik pada submenu Print
  • Selesai. Ukuran dokumen dan kertas yang digunakan untuk mencetak sudah sesuai dan seharusnya dokumen kamu sudah tercetak dengan baik. lebih jelasnya silahkan perhatikan gambar di bawah ini.
menyesuaikan ukuran dokumen

Perlu diketahui bahwa ukuran dan juga jumlah kolom maupun baris pada dokumen tertentu bisa berbeda - beda, jadi jika ternyata kamu menjumpai dokumen kamu menjadi terlalu kecil dan sebagainya silahkan kamu tanyakan saja via komentar agar nanti bisa saling membantu dan berbagi pengalaman.

Sekian kali ini semoga bermanfaat dan selamat mencoba.


EmoticonEmoticon