Apakah Template Blog Kamu Sudah Mobile Friendly

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa penggunaan smartphone dewasa ini sudah sangat besar. hal ini tidak menutup kemungkinan pengunjung akan mengunjungi blog kamu menggunakan gadget atau smartphone. Jika template blog yang kamu gunakan sudah responsive dan mobile friendly, hal ini tidak akan jadi masalah yang berarti, namun jika kamu menggunakan template yang tidak responsive tentu saja ini bisa jadi masalah serius, karena aspek kanyamanan pengguna tentu saja tidak maksimal, ditambah lagi dengan tampilan yang acak - acakan tentu membuat pengunjung jadi ragu akan kualitas blog kamu.

Penggunaan template responsive sangat menguntungkan bagi blog dan juga pengunjung blog, karena disamping seluruh content blog kamu dapat terbaca dengan baik, pengguna akan merasa nyaman sehingga akan betah nongkrong di blog kamu. Untuk dapat mengetahui apakah template blog kamu sudah mobile friendly atau belum kamu bisa melakukan pengecekan di Google Search Console. Dengan memanfaatkan fasilitas Mobile-Friendly Test ini, kamu akan mengetahui apakah template blog kamu sudah responsive atau belum.
Cara Cek Template Mobile Friendly
Untuk melakukan Mobile-Friendly Test ini silahkan kamu lakukan beberapa langkah mudah berikut ini :

Pertama - tama silahkan menuju Google Search Console tepatnya pada fasilitas Mobile-Friendly Test dengan mengakses tautan : https://www.google.com/webmasters/tools/mobile-friendly/. Tampilan halaman awalnya kurang lebih seperti gambar di bawah ini.
Mobile-Friendly Test Google

Selanjutnya silahkan masukkan URL blog kamu pada textbox yang tersedia, kemudian tekan Enter atau silahkan kilk tombol Analyze.

Berikutnya silahkan tunggu proses analisa selesai. biasanya proses ini akan memakan waktu hingga maksimal satu menit.
Proses analisa mobile friendly
Jika Template yang kamu gunakan sudah Mobile-Friendly maka kamu akan mendapatkan keterangan seperti gambar berikut ini
Template sudah mobile friendly
Namun jika ternyata template blog kamu bukan template responsive yang mobile-friendly maka sebaiknya kamu ganti template blog kamu dengan template yang responsive, banyak kok template gratis yang disediakan oleh para master jadi silahkan pilih template yang mobile friendly, agar pengunjung blog kamu dapat mendapatkan kenyamanan saat mengakses blog kamu.


EmoticonEmoticon