Membuat Blog Wordpress Bagian 6 (Membuat Posting Baru)

Selamat datang kembali sobat Multi Clip Media di tutorial Cara Membuat Blog menggunakan WordPress, sebelumnya dalam serial tutorial ini sudah saya jelaskan tentang cara mengubah tema atau tampilan wordpress dengan beberapa cara, saya berharap kamu sudah memahami sepenuhnya tentang tutorial tersebut, akan tetapi jika kamu belum membaca artikel tersebut jangan khawatir ketinggalan karena berikut ini saya sertakan URL mulai dari Bagian 1 hingga Bagian 5 :
Baiklah, jika kamu sudah membaca serta memahami poin dalam artikel tutorial sebelumnya, mari lanjutkan ke Bagian 6 yaitu membuat posting baru di Blog WordPress.

Sebelum membuat posting baru, satu hal perlu kamu perhatikan adalah pada hal Kategori, kenapa kategori ini penting? karena nantinya dapat mempermudah kamu dalam mengelompokkan kategori posting kamu dan hasilnya semua posting - posting kamu dapat tertata dengan rapi, pembuatan kategori ini juga dapat mempermudah pengguna dalam menemukan artikel yang mereka cari.

Untuk menambahkan kategori baru, kamu bisa melakukan beberapa langkah berikut :

  • Log In Administrator
  • Pilih menu Posts dan kemudian pilin submenu Categories, tampilan yang akan muncul akan seperti gambar di bawah ini :
Menambah kategori baru
  • Isikan rincian kategori yang akan kamu buat, keterangan silahkan lihat di bawah ini :
Name : Nama Kategori
Slug : Slogan (bisa diisi sama dengan name)
Parent : Jika kategori baru ini tidak memliki Parent Category maka kamu pilih None
Description : Deskripsi untuk kategori baru ini

  • Selanjutnya silahkan kamu klik tombol Add New Category 
  • Selesai, proses pembuatan kategori baru berhasil, dan pada kolom sebelah kanan kamu akan melihat kategori baru tersebut.
Kategori Baru
Setelah berhasil membuat kategori yang dibutuhkan, selanjutnya adalah membuat posting baru. Membuat posting baru di WordPress ini tergolong mudah dan banyak sekali fitur yang bisa kamu gunakan untuk membentuk posting kamu agar lebih menarik dan sekaligus rapi.
  • Pertama - tama silahkan pilih menu Posts kemudian klik tombol Add New
  • Isikan Judul Posting kamu dan juga artikelnya.
  • Sesuaikan pengaturan Kategori, Label dan juga Gambar (Featured Image)
  • Setelah selesai, kamu juga bisa melakukan preview sebelum kamu posting artikel baru tersebut dengan mengklik tombol Preview.
  • Jika semua pengaturan sudah sesuai, silahkan publikasikan posting kamu dengan klik tombol Publish.
  • Selesai.
Demikian cara membuat posting baru di blog WordPress, masih banyak hal yang perlu dipertimbangkan dalam memmbuat posting di WordPress namun tidak saya sampaikan disini karena tutorial ini hanya berupa garis besar saja, jika memang kamu perlu bertanya tentang beberapa hal yang berkaitan dengan pembuatan Posting di WordPress maka silahkan sampaikan saja lewat komentar, saya akan berikan tanggapan atas pertanyaan kamu, dan jika memang dibutuhkan, akan saya berikan artikel tersendiri tentang pertanyaan kamu tersebut.

Sekian kali ini semoga bermanfaat dan selamat mencoba.


EmoticonEmoticon