Cara Mudah Membuat Contact Form di Blogger

Cara Mudah Membuat Contact Form di Blogger - Satu hal yang sangat mendasar dan sangat dibutuhkan oleh para pengelola blog, khususnya Blogger, yaitu membuat sebuah alat dimana kita bisa memungkinkan para pengunjung blog atau website untuk menyampaikan masukan baik kritik ataupun saran dan bahkan juga saat pengunjung tersebut membutuhkan bantuan tentang blog kita, cara ini yaitu dengan membuat sebuah halaman kontak yang berisi form kontak yang nantinya dapat diisi dengan data dan juga pesan dari pengunjung. Selain memberikan kemudahan bagi pengunjung, fasilitas Contact Us atau kontak ini sendiri dapat menjadi tolok ukur bahwa blog atau website tersebut memang serius dalam menanggapi masukan dari visitornya.

Ada beberapa cara untuk membuat sebuah halam statis berisi form kontak, namun dalam artikel kali ini saya akan bahas salah satunya saja yang menurut saya paling mudah dilakukan, sekalipun oleh para newbie. baiklah mari kita simak bersama - sama proses pembuatan halaman Contact Us yang berisi form kontak.
cara mudah membuat contact form di blogger
Cara membuat contact form

  • Pertama kita buka dulu website yang menyediakan pembuatan form kontak. dalam hal ini saya menggunakan FOXYFORM.COM. Setelah terbuka kita akan langsung melihat beberapa pilihan yaitu : 


Settings : Silakan sesuaikan dengan kebutuhan kita, tanda centang sebelah kiri berarti bagian bagian yang akan tercakup dalam form kita. sedangkan tanda centang bagian kanan bermaksud jika kita centang, maka unsur tersebut harus dan wajib diisi oleh para visitor nantinya.

Advanced settings : Disini kita bisa men-setting tampilan form kita, mulai dari warnanya, ukurannya, fontnya, serta ukuran fontnya.

Target e-mail address : Alamat email yang nanti akan menerima pemberitahuan atau email jika ada pengunjug yang mengirim masukannya lewat form yang telah kita buat ini. disini silahkan isi dengan email kita yang aktif. atau email blogger kita.
  • Setelah semua bagian terisi dengan benar, silahkan verifikasikan captcha kemudian tekan Create Formular.
  • Pada halaman berikutnya, jika telah sukses membuatnya. silahkan copy HTML CODE yang telah tersedia, bisa kita lakukan nanti atau kita lakukan sekarang dan simpan sebagai text file.
Sampai disini pembuatan form sudah jadi, sekarang tinggal kita terapkan di halaman statis blog. Untuk memasangnya kita perlu melakukan beberapa langkah berikut ini :
  • Login Akun Blogger -- pilih Pages
  • Buat halaman baru dengan menekan tombol New Page.
  • Berikan judul halaman yang baru saja kita buat misalkan "contact"
  • Masuk pada mode pengeditan HTML dan pastekan kode KODE HTML yang tadi sudah kita dapatkan dari FOXYFORM
  • Klik Publish dan selesai. halaman contact dengan form kontak sudah jadi. tinggal kita tambahkan beberapa kata dalam pengeditan mode Compose.
Jika kita ingin menyesuaikan ukuran form yang sudah kita buat tinggal kita atur pixelnya sesuai dengan lebar halaman statis blog. nantinya jika pengunjung blog kita menuliskan saran atau pesan maka secara otomatis data dari form yang kita buat akan dikirim ke email yang kita daftarkan.

Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan selamat mencoba...


EmoticonEmoticon