Cara Menambah Penulis Dan Pengurus Blogger

Cara Menambah Penulis Dan Pengurus Blogger - Dalam hal blogging mungkin memang akan lebih jika blogging ini sendiri tidak dilakukan oleh satu orang saja, karena disamping kita bisa mengumpulkan berbagai ide dan juga mode, kita juga bisa memperkaya isi blog dengan artikel yang bukan hanya itu - itu saja, karena artikel ataupun postingan dalam blog kita berasal dari buah pemikiran dan juga pandangan yang berbeda, sehingga akan menjadikan blog itu sendiri lebih kaya dan bervariasi.

Selain itu jika memang kita tidak cukup waktu untuk mengurus blog tersebut sendiri, alangkah lebih baik jika kita mengajak orang yang kita percaya untuk turut mengelola blog kita. terlebih lagi jika blog yang kita kelola sudah bisa punya penghasilan.

Untuk menambahkan pengurus ataupun penulis pada blog kita yang perlu kita lakukan hanya mengundang orang tersebut via email google entah nanti orang tersebut hanya akan menjadi penulis saja atau akan kita jadikan sebagai admin. nah dalam artikel kali ini saya akan membahas bagaimana caranya menambahkan pengurus dan penulis pada blog yang kita kelola. namun sebelumnya akan saya jelaskan dulu perbedaan Admin dan Penulis dalam blog kita.

menambah pengurus blog
Cara menambah pengelola blog
Admin : Adalah orang yang berwenang sepenuhnya terhadap blog, baik dari segi penghapusan atau penambahan anggota bagi blog, mengubah tampilan atau template blog dan juga yang lainnya. dengan kata lain Admin mempunyai posisi sebagai pemilik blog.

Penulis /Author : Adalah orang yang hanya berwenang dalam hal postingan saja, baik untuk menambah postingan baru atau menghapusnya, namun seorang author tidak berwenang untuk memoderasi komentar sekalipun postingan itu adalah postingan author /penulis. dengan kata lain seorang penulis hanya bisa menambahkan artikel saja.

Langkah - langkah untuk menambahkan penulis atau pengurus baru pada blog kita adalah sebagi berikut :

  1. Login ke Akun Blogger kemudian pilih Settings => Basic.
  2. Pada bagian Permissions pada segmen Blog Author silahkan pilih link +Add authors.
  3. Tambahkan email orang yang akan kita tambahkan sebagai Author kemudian klik Invite authors.
  4. Setelah itu kita tinggal menunggu persetujuan dari orang yang kita undang sebagai author tadi.
Untuk mengubah permission dari Author menjadi Admin kita bisa mengaturnya setelah undangan kita tadi disetujui oleh orang yang kita undang, dengan cara memilih menu dropdown di sebelah kanan nama author dan pilih Admin maka orang tadi sudah menjadi Admin blog kita. Namun saya sarankan agar yang menjadi Admin blog kita lebih baik satu orang saja atau jadikanlah Author sebagai Admin jika memang benar - benar diperlukan saja.

Untuk menghapus Author atau Admin dari blog kita, kita hanya perlu memilih simbol X di sebelah kanan nama Author baru yang kita tambahkan dan secara otomatis orang tersebut sudah tidak mempunyai akses lagi ke blog kita.

mengelola pengurus blog


Silahkan pilih Author atau Admin bagi blog kita dari orang yang benar - benar ingin bekerja sama dengan kita, agar nanti tidak terjadi hal - hal yang tidak diinginkan.

Sekian artikel kali ini semoga bermanfaat. Jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tonggalkan saja di kolom komentar. salam.




EmoticonEmoticon