Cara Mendaftarkan Blog di Google Search Console

Cara Mendaftarkan Blog di Google Search Console - Sebagai pengguna blog atau pengelola blog, tentu saja kita ingin agar setiap hari blog kita bisa menerima banyak pengunjung, baik yang untuk keperluan komersial maupun non komersial secara kontinyu, agar nilai rangking blog kita bisa meningkat.

Salah satu cara untuk mewujudkannya adalah dengan cara mendaftarkan blog kita di Google Webmaster Tool yang sekarang sudah berubah menjadi Google Search Console. dengan fitur ini kita bisa mendaftarkan blog kita agar cepat terindeks oleh mesin pencari google yang tentu saja dapat mendongkrak popularitas blog kita pada mesin pencarinya. bila memang blog yang kita buat punya kata kunci yang relevan dan didaftarkan dengan benar pada Google Search Console ini, pasti artikel ataupun blog kita akan muncul pada urutan pertama pada hasil pencarian Google.

Dalam artikel kali ini saya akan membahas bagaimana caranya mendaftarkan blog kita di Google Search Console. namun pembahasan kali ini saya hanya akan membatasi pada pendaftarannya saja. karena menurut saya lebih baik sedikit demi sedikit tapi paham, daripada langsung selesai tapi setengah - setengah. baiklah mari kita simak bersama pembahasan berikut ini :

Untuk mendaftarkan blog kita di Google Search Console, hal yang pertama kita perhatikan adalah blog kita sendiri, tentunya untuk mendaftarkan blog kita harus punya blog yang sudah ada isi postingannya, karena salah satu yang mementukan kata kunci blog yang saya tahu akhir akhir ini adalah isi postingannya, apakah blog kita isinya campur campur ataukan kita hanya tertuju pada satu tema saja.
google webmaster tool

Jika kita sudah paham bagaimana blog kita, apa yang kita bahas di dalamnya, dan apa kata kuncinya sekarang kita langsung saja menuju Google Webmaster Tool.

Setelah berhasil masuk, sekarang kita tambahkan properti dengan cara memilih tombol ADD A PROPERTY pada sebelah kanan atas situs webmaster ini. dan setelah itu akan muncul popup baru dan disini kita masukkan URL /Alamat blog kita.

Pastikan kita memasukkan URL /Alamat blog tertulis dengan benar. karena sedikit kesalahan saja tidak akan ditoleransi oleh google.

Setelah kita berhasil mendaftarkan blog kita, sekarang saatnya kita kirimkan peta situs atau sitemap pada aplikasi ini, pastikan kita berada di beranda layanan webmaster, pilih menu Crawl atau Perayapan dan pilih Sitemaps atau Peta Situs.

Pada bagian ini kita pilih ADD/TEST SITEMAP atau TAMBAHKAN UJI PETA SITUS, setelah itu akan muncul popup dan isikan sitemap kita pada text box nya.

Contoh peta situs pada blogspot biasanya seperti berikut ini :
http://blogkamu.blogspot.com/feeds/posts/default
http://blogkamu.blogspot.com/atom.xml
http://blogkamu.blogspot.com/rss.xml

mendaftarkan blog di google webmaster tool
Menambahkan Sitemap

Jadi kita tinggal memasukkan bagian belakangnya saja yaitu "feeds/posts/default", "atom.xml" atau "rss.xml" satu persatu, atau bisa saja tuliskan salah satunya saja untuk mendapatkan hasil pencarian google yang lebih spesifik. setelah itu klik Submit Sitemap atau Mengirim Peta Situs dan selesai. Peta situs sudah berhasil terkirim ke index google. Status sementara yang muncul adalah Tertunda atau Pending, silahkan tunggu beberapa jam dan sitemap sudah terindex.

status index blog di google
Status Index
Jika masih ada yang perlu ditanyakan, silahkan tinggalkan saja di kolom komentar. dan saya rasa cukup sekian pembahasan kali ini, semoga bermanfaat.



EmoticonEmoticon