Mencari Nilai Terendah dan Tertinggi Dengan Excel

Mencari Nilai Terendah dan Tertinggai Dengan Excel - Fungsi ini berguna untuk menemukan data tertinggi atau terendah dari sekian banyak data yang kita miliki, entah apa tujuannya yang jelas kita bisa menemukan nilai tertinggi dan nilai terendah dari sebuah data. Penggunaan fungsi ini biasanya digunakan oleh para guru di sekolah - sekolah untuk menemukan berapa nilai teringgi dan terendah yang berhasil dicapai oleh siswanya.

Untuk menggunakan fungsi ini mari kita simak bersama - sama artikel kali ini yang akan membahas tentang cara mencari nilai tertinggi dan terendah dari sebuah data.

1. Menentukan Nilai Tertinggi

Untuk menentukan nilai tertinggi kita bisa menggunakan fungsi MAX pada excel. cara penulisan syntaksnya adalah sebagai berikut :

=MAX(number1,number2,number~)

Cara menggunakannya kita tinggal pilih cell dimana kita akan menmpatkan hasil penghitungan yang kita lakukan kemudian ketikkan formulanya dan plih cell mana saja yang akan kita hitung nilai tertinggina, silahkan simak gambar berikut ini :
cara menggunakan fungsi max di excel
Gambar1. Cara Menggunakan Fungsi Max di Excel

Dari gambar di atas bisa saya jelaskan bahwa data pada baris 1 s/d 12 merupakan data dasar dari penghitungan nilai tertinggi ini.

2. Menentukan Nilai Terendah

Dalam menghitung nilai terendah kita bisa menggunakan satu fitur excel yaitu fungsi MIN, cara penulisan syntaksnya adalah sebagai berikut : 

=MIN(number1,number2,number~)

Cara menggunakannya sama persis seperti proses pada saat kita menggunakan fungsi MAX namun jika menggunakan MIN kita akan mendapatkan nilai atau angka terendah dari data yang kita miliki. silahkan perhatikan gambar berikut sebagai contoh.!
cara menggunakan fungsi min di excel
Gambar2. Cara Menggunakan Fungsi Min di Excel
Demikian tujuan dan juga cara menggunakan fungsi MIN dan MAX, sebenarnya ada banyak sekali kombinasi dan cara yang bisa digunakan untuk menentukan nilai angka tertinggi dan angka terendah misalnya dengan cara menggabungkan beberapa formula, namun saya tidak akan membahasnya kali ini, silahkan dipahami dulu dasarnya setelah itu kita akan bisa berimprovisasi sendiri. dan saya harap artikel ini bisa mudah difahami, jika masih ada pertanyaan silahkan tuliskan saja di kolom komentar.


EmoticonEmoticon