Menghitung Nilai Rata - Rata Dengan Excel

Menghitung Nilai Rata - Rata Dengan Excel - Menghitung nilai rata - rata dalam excel ini bisa dikatakan merupakan fungsi excel yang paling sering digunakan pada saat ini, fungsi ini berguna untuk menentukan hasil rata - rata dari beberapa buah bilangan dalam cell - cell tertentu. Jadi dengan menggunakan fitur ini bisa memudahkan kita dalam menghitung hasil rata rata dari data kita tanpa menghitungnya secara manual. Implementasinya bisa menggunakan salah satu formula yang tersedia dalam excel yaitu fungsi AVERAGE dan untuk menggunakannya bisa menggunakan syntax berikut :
=AVERAGE(number1,number2,number~)
Menghitung dengan cara ini bisa dikategorikan sebagai cara dasar dalam penggunaan formula pada excel, karena penerapannya bisa juga digabungkan dengan beberapa fungsi lainnya. namun untuk kali ini saya hanya akan membahas tentang fungsi tunggal ini saja.
cara menggunakan fungsi average pada excel
Gambar1. Menghitung Nilai Rata Rata

Suatu contoh, saya ingin mengetahui nilai rata rata dari hasil penjualan yang telah berhasil saya lakukan dalam waktu satu tahun maka saya bisa menggunakan fungsi ini untuk mengetahui hasilnya. Mari kita simak pembahasan berikut.

Pertama, yang harus kita lakukan adalah memastikan bahwa data yang akan kita hitung nilai rata - ratanya merupakan data Number, Accounting atau General, karena fungsi AVERAGE ini tidak berlaku untuk data teks.
Kedua, kita tempatkan kursor kita dimana hasil penghitungan akan diletakkan
Setelah itu kita tuliskan formulanya dan pilih cell mana saja yang akan kita hitung. jika kita menghitung keseluruhan data yang berada dalam satu baris kita bisa langsung memilihnya dengan memblok cell yang akan dihitung, sedangkan untuk menghitung data pada cell tertentu saja bisa kita pilih satu persatu dengan menekan tombol Ctrl pada keyboard. perhatikan gambar berikut ini!
cara menggunakan fungsi average pada excel
Gambar2. Macam - Macam penggunaan Fungsi Average

Dari gambar di atas bisa kita simpulkan bahwa penggunaan fungsi AVERAGE ini bisa dilakukan pada data yang berada pada satu sheet atau berbeda sheet. Jika kita menggunakan fungsi ini pada data yang berada pada lembar kerja yang berbeda kita hanya tinggal memilih di lembar mana-kah data yang akan kita hitung tadi berada, tinggal pilih cellnya dengan menekan tombol Ctrl pada keyboard kita.

Penggunaan fungsi ini biasanya paling banyak dilakukan untuk menghitung nilai rata - rata hasil ujian pada sekolah. caranya sama, tinggal kita terapkan saja dengan prinsip yang sama juga.

Demikian artikel kali ini semoga bermanfaat, silahkan ajukan pertanyaan jika memang masih ada yang perlu ditanyakan pada kolom komentar yang tersedia.


EmoticonEmoticon