Menggunakan Rumus IF Pada Excel

Menggunakan Rumus IF Pada Excel | Sesuai dengan namanya. Rumus IF adalah sebuah fungsi yang bisa digunakan untuk menentukan satu kondisi tertentu, dalam arti jika kondisi dalam IF ini terpenuhi maka fungsi ini akan menampilkan nilai tertentu dan sebaliknya jika kondisi IF ini tidak terpenuhi maka akan diambil nilai sesuai dengan kriteria yang telah diterapkan. Lebih tepatnya fungsi IF ini akan mengambil nilai benar (true) jika kodisinya terpenuhi dan akan mengambil nilai salah (false) jika kondisinya tidak terpenuhi.

Untuk menggunakan fungsi IF kita bisa menggunakan sintaks sebagai berikut :
=IF(logical_test,value_if_true,value_if_false)
menggunakan fungsi if pada excel
Gambar1. Menggunakan Fungsi IF Pada Excel

Perincian dari rumus diatas dapat diartikan sebagai berikut :

  • =IF() : Penerapan fungsi IF pada cell
  • logical_test : Adalah suatu kondisi logis yang akan menentukan nilai yang dihasilkan nanti apakah benar atau salah.
  • value_if_true : Adalah nilai yang dihasilkan apabila kondisi logikanya benar
  • value_if_false : Adalah nilai yang dihasilkan apabila kondisi logikanya salah
Jadi jika diartikan dalam Bahasa Indonesia, rumus IF ini mempunyai maksud =IF(syarat,nilai_benar,nilai_salah)

Dalam menggunakan rumus IF ini, kita harus dapat membedakan nilai apa yang nanti akan dihasilkan. jika rumus if ini nanti berupa angka maka penulisan if adalah sebagai berikut :
=IF(logical_test,value_if_true,value_if_false)

Namun jika nilai yang nanti dihasilkan adalah berupa teks biasa kita harus menambahkan tanda kutip pada setiap nilai yang dihasilkan.
=IF(logical_test,"value_if_true","value_if_false")


Contoh fungsi IF menggunakan nilai angka : Saya akan mencari nilai 1 dan 0 dari data yang sudah saya buat, dalam artian nilai 1 berarti benar dan nilai 0 berarti salah maka saya akan tuliskan rumus seperti ini :
=IF(A1<10,1,0)
Artinya jika data pada cell A1 kurang dari 10 maka nilai yang dihasilkan adalah benar. namun jika data pada cell A1 lebih dari 10 maka nilai yang dihasilkan adalah salah. silahkan perhatikan gambar berikut.
menggunakan fungsi if pada excel
Gambar2. Menggunakan Fungsi IF Pada Excel

Contoh fungsi IF menggunakan nilai teks : Saya akan menentukan nilai benar dan salah dari data yang saya miliki dimana jika data yang saya isikan memenuhi syarat maka nilainya akan BENAR namun jika data yang saya isikan tidak memenuhi syarat maka nilainya akan SALAH. maka akan saya tuliskan rumus sepeti ini :
=IF(A1<5,"SALAH","BENAR")
Artinya kurang lebih sama seperti pada contoh sebelumnya namun dapat kita lihat disini saya menambahkan tanda kutip pada nilai yang nanti akan menjadi hasil dari penerapan rumus IF, karena nilai yang dihasilkan nanti bukan berupa angka namun berupa teks. Silahkan perhatikan gambar berikut ini.
menggunakan fungsi if pada excel
Gambar3. Menggunakan Fungsi IF Pada Excel

Contoh yang kedua merupakan contoh yang paling banyak digunakan saat ini, biasanya untuk keperluan menentukan lulus dan tidaknya peserta didik berdasarkan hasil ujian yang diperolehnya.

Penerapan fungsi IF ini sangat fleksibel, dimana kita juga bisa menepatkan lebih dari satu fungsi IF dalam sebuah formula dan juga bisa dikolaborasikan dengan berbagai fungsi lainnya seperti AND, OR, COUNT, SUM dan lain - lain yang mungkin akan saya bahas pada kesempatan berikutnya.

Itulah tadi cara menggunakan fungsi IF secara mendasar, jika masih ada yang perlu ditanyakan atau mungkin ada kesalahan dalam tutorial ini silahkan tuangkan pada kolom komentar. Sekian semoga bermanfaat dan terima kasih.


EmoticonEmoticon