Sistem Operasi Android

Sistem Operasi Android | Sistem Operasi Android merupakan salah satu sistem operasi yang sampai saat ini masih menjadi primadona bagi para pemakai ponsel pintar. dimulai sekitar tahun 2000 sistem operasi ini terus mengalami perkembangan dan sampai berhasil menggeser sistem operasi ponsel diantaranya yaitu Symbian dan juga Blackberry dikarenakan beberapa aplikasi yang sifatnya inti pada sistem operasi ponsel diatas sudah dapat tercover dalam android contohnya aplikasi Blackberyy Messenger yang sekarang sudah dapat digunakan oleh pengguna sistem operasi android. akhirnya banyak sekali para pengguna ponsel berbasis Blackberry pun beralih ke Android dengan alasan yang bervariasi, dari yang memang awalnya coba - coba atau yang memang ingin berpindah sistem operasi.

Bagi anda yang mungkin sampai saat ini masih ragu untuk berpindah menggunakan sistem operasi Android berikut saya akan bahas beberapa kelebihan sistem operasi yang baru ngetren ini.

Beberapa kelebihan Sistem Operasi Android pada Ponsel Pintar.

1. Harga Murah

Salah satu hal yang paling menonjol dari ponsel pintar dengan bundling sistem operasi ini adalah harganya yang relatif murah karena sistem operasi Android ini sendiri berbasis linux atau unix yang memang sofware open source dimana pengguna diperkenankan untuk mengembangkan sistem operasi ini baik dari segi dasar sampai pengembangan aplikasi baru. sekaligus pabrikan smartphone akan bisa memaksimalkan spesifikasi posnel pintarnya tanpa harus terkait pada pembelian sistem operasinya.

2. Akses langsung aplikasi dari Google Play Store

Setelah seseorang memiliki ponsel pintar berbasis android tentu saja akan memerlukan berbagai aplikasi yang akan digunakan dalam berbagai keperluan, disinilah kelebihannya karena Android sudah diintegrasikan dengan Google Play Store, dimana pengguna hanya perlu membuka satu aplikasi saja untuk mendapatkan semua aplikasi lainnya yang dibutuhkan dari Play Store.

3. Grafis sangat user friendly

Fasilitas GUI (Graphic User Interface) di Android ini menurut saya sangat menarik. karena dengan hanya beberapa kali menggunakan saja kita akan cepat familiar dengan fungsi - fingsi dan aplikasi yang ada, pengguna juga dapat melakukan kostumisasi pada tampilan ikon maupun widget pada homescreen-nya jadi tak heran perkembangan pengguna Android pun jadi berkembang begitu cepatnya.

4. Android sangat lightweight

Lightweight disini adalah penggunaan memory maupun processornya relatif kecil bahkan untuk keperluan multi tasking sekalipun, dengan menggunakan kelas hardware yang tidak begitu muluk-muluk Android sudah dapat digunakan dengan lancar, tanpa perlu memikirkan system akan down karena hardware yang berkelas standart. dan sudah tentu saja dengan kapasitas yang lebih besar maka kinerja Android ini akan lebih lancar dan nyaman digunakan.

5. Realtime notification

Yang dimaksud disini adalah kenyamanan pengguna, dimana pengguna akan dapat mengakses langsung update terbaru baik berupa SMS, telepon, email atau hal yang berkaitan dengan media social yang memang akan langsung terkoneksi dengan ponsel.

6. Integrasi Media

Satu hal yang sangat saya sukai menurut saya adalah karena Android ini bisa terhubung langsung dengan akun Google yang kita miliki, sehingga pengguna dapat dengan meudah membuka segala jenis informasi tentang Google, baik mulai dari kontak atau bahkan gallery gambar yang sudah dupload ke Google. dan bukan hanya itu saja kita juga bisa menambahkan akun dalam satu sistem operasi misalnya akun Yahoo, Facebook, Twitter dan lainnnya yang secara otomatis akan disingkronkan dengan ponsel kita.

7. Fasilitas developer

Bagi para pengguna yang menginginkan lebih dari sekedar menjadi pengguna, Android juga bisa dikostumisasikan ROM-nya. ROM yaitu Read Only Memory yang berisi informasi system yang digunakan. sehingga pengguna dapat memodifikasi ROM ponsel berbasis Android untuk keperluan upgrade dan sebagainya. tidak hanya itu, pengguna juga bisa menjadi Super User atau Administrator yang dapat mengakses sebagai root.

Masih banyak lagi fasilitas - fasilitas kelebihan Android ini tergantung juga dimana sistem ini diterapkan, bebearapa kelebihan tadi adalah hal mendasar dari Android. karena banyak sekali saat ini ponsel pintar yang menggunakannya diantaranya adalah produk dari Samsung, Asus, Acer dan masih banyak lagi dan tentunya selain kelebihan diatas masih banyak lagi fasilitas yang memang sudah ditambahkan oleh pabrik pembuat ponsel itu sendiri. Jadi bagi anda yang ingin menggunakan ponsel pintar dengan sistem operasi android tidak perlu khawatir dengan kualitas dan kinerja sistem operasi ini.


EmoticonEmoticon