Menghitung Dengan Excel (Part 1) Penjumlahan

Menghitung Dengan Excel | Part 1 | Penjumlahan | Kegiatan menghitung memang tidak lepas dari aplikasi satu ini, disamping fungsi utamanya yaitu lembar kerja yang tersebar, MS Office Excel juga mendukung berbagai kegiatan penghitungan, mulai dari penjumlahan, pengurangan, perkalian dan juga pembagian, bahkan Excel ini juga masih mempunyai banyak fitur dalam hal penghitungan data.

Pada kesempatan ini saya akan sedikit membahas tentang salah satu cara penghitungan dengan menggunakan lembar kerja Microsoft Office Excel. dan pada bagian pertama tentang penghitungan dengan Excel ini saya akan membahas terlebih dahulu tentang penjumlahan.

Penjumlahan merupakan fungsi paling sederhana dari MS Excel ini sendiri, dimana kita dimungkinkan untuk dapat menjumlahkan isi dari beberapa cell di dokumen Excel kita. Namun sebelum melakukan penjumlahan sebaiknya anda periksa dulu jenis data dengan format apa yang ada dalam cell anda, jika anda belum membaca tentang jenis data pada cell Excel silahkan baca terlebih dahulu artikel "Mengenal Format Data Pada Excel 2013" agar nanti kemungkinan error bisa lebih cepat diselesaikan.

Ada beberapa cara untuk melakukan penjumlahan ini. Cara cara yaitu :

1. Penjumlahan Menggunakan Autosum

Cara ini sangat mudah dilakukan karena hanya perlu beberapa tidakan saja untuk menyelesaikannya. Namun data yang dijumlah dengan cara Autosum ini harus berada dalam satu baris atau satu kolom saja, untuk hasil penjumlahan dari cell yang berjauhan, cara Autosum ini tidak dapat digunakan.
Untuk melakukannya kita tinggal blok cell yang akan kita jumlahkan kemudian tekan tombol sigma di sebelah kanan atas. perhatikan gambar berikut :

penjumlahan menggunakan autosum
Gambar1. Penjumlahan Menggunakan Autosum

2. Penjumlahan Menggunakan Formula

Cara ini bisa dibilang sangat useful atau berguna, karena penjumlahan bisa dilakukan meskipun data yang dijumlahkan berada pada cell, sheet atau bahkan dokumen yang berbeda. penulisan penjumlahan dengan formula adalah sebagai berikut :
"=SUM(number1,number2,number~)"
Penjumlahan dengan menggunakan formula diatas digunakan untuk menjumlahkan cell yang posisinya tidak sejajar 1 baris atau sejajar 1 kolom, atau juga digunakan untuk menjumlahkan angka secara langsung. Sedangkan untuk menjumlahkan cell yang berada sejajar 1 baris atau sejajar 1 kolom seperti pada Autosum bisa digunakan formula berikut :
"=SUM(number1:number~)"
Dalam hal ini symbol ~ merupakan symbol tak terhingga.

penjumlahan menggunakan formula
Gambar2. Penjumlahan Menggunakan Formula

3. Penjumlahan Menggunakan Operator Penjumlah.

Penjumlahan dengan cara ini bisa dilakukan dengan sangat fleksibel, karena penjumlahan juga bisa dilakukan dengan dengan menggunakan sumber data yang berada di cell atau sheet atau bahkan dokumen yang berbeda. sedangkan operator yang digunakan dalam penjumlahan ini adalah operator "+". Untuk melakukan penjumlahan dengan menggunakan operator ini bisa digunakan sintaks sebagai berikut : 
"=number1+number2+number~"
penjumlahan menggunakan operator
Gambar3. Penjumlahan Menggunakan Operator

Demikian artikel sederhana kali ini. semoga bisa memberikan manfaat bagi pembaca dan juga penulisnya. Jika ada pertanyaan silahkan tuliskan di kolom komentar yang tersedia, dan terima kasih atas kunjungannya.


EmoticonEmoticon