Menghitung Dengan Excel (Part 2) Pengurangan

Menghitung Dengan Excel | Untuk melakukan penghitungan dalam Excel kita bisa menggunakan beberapa cara dengan hasil yang sama, salah satu penghitungan yang saya anggap paling sering digunakan oleh para pengguna Excel adalah pengurangan disamping itu memang merupakan pokok dari sebuah penghitungan.

Ada Beberapa cara yang bisa digunakan dalam operasi pengurangan dalam excel ini. cara – cara tersebut adalah sebagai berikut :

1. Pengurangan Menggunakan Formula SUM.

Sama seperti formula penghitungan seperti biasanya namun ditengah tengah formula tersebut digunakan operator yang berbeda. Penulisan syntax untuk operasi pengurangan menggunakan Formula SUM adalah sebagai berikut :
=SUM(number1-number2-number~)

menghitung dengan excel - pengurangan
Gambar1. Pengurangan Menggunakan Formula

Hal yang perlu diperhatikan dalam penulisannya adalah pada operator pengurangan yaitu menggunakan simbol ‘–‘ (minus). Pengurangan dengan menggunakan formula ini bisa diterapkan pada cell yang berada dalam satu sheet atau berbeda sheet.

2. Pengurangan Hanya Menggunakan Operator

Operasi sangat mudah untuk dilakukan karena kita hanya perlu memikirkan logikanya saja, hanya menggunakan ‘=’ (samadengan) dan ‘–‘ (minus) saja tanpa adanya kode khusus. Penulisan syntax nya adalah sebagai berikut :
=number1-number2-number~
Untuk menerapkannya silahkan pilih cell dimana kita akan menempatkan hasilnya dan tuliskan kode sytax di atas dengan menyesuaikan data number nya dengan data yang akan dilakukan pengurangan kemudian tekan enter.
menghitung dengan excel - pengurangan
Gambar2. Pengurangan Menggunakan Operator

Dengan menggunakan operator ini, kita bisa mencari hasil pengurangan dari data yang berada di berbeda sheet atau bahkan dari dokumen excel yang berbeda. namun dari saya sendiri, untuk melakukan operasi pengurangan ini sebaiknya menggunakan metode kedua, karena menurut saya lebih simpel jika dibandingkan metode yang pertama.
Jika ada yang perlu ditanyakan, silahkan tinggalkan komentar dan nanti akan dibahas bersama – sama.
Sekian dari saya semoga bisa bermanfaat. Terima kasih atas kunjungannya.


EmoticonEmoticon