Menghitung Dengan Excel (Part 3) Perkalian

Menghitung Dengan Excel (Part 3) Perkalian | Salah satu fitur penting dalam formula excel adalah fungsi perkalian. dimana kita bisa mengetahui jumlah perkalian dari beberapa nomor atau cell dengan sangat mudah. metode ini bisa dikatakan metode dasar dalam mengetahui formula excel namun sekaligus merupakan bagian terpenting yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna.

Hal - hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan pennghitungan adalah format cell pada dokumen kita, karena jenis format cell yang akan dihitung tidak bisa berupa format text. jika belum sempat membaca artikel sebelumnya silahkan menuju artikel "Mengenal Format Data Pada Excel 2013" untuk mengetahui dasar - dasar format pada MS Excel.

Ada beberapa cara untuk melakukan perkalian dalam MS Excel ini, yang pertama adalah perkalian dengan menggunakan formula "=SUM()" seperti pada artikel sebelumnya dan yang selanjutnya adalah menggunakan operator saja, sedangkan operator perkalian itu sendiri dalam Excel menggunakan karakter bintang pada keyboard (*). untuk lebih jelasnya mari kita simak pembahasan berikut ini.

1. Perkalian Menggunakan Formula.

Walaupun sebenarnya ini bukan cara baku dalam melakukan perkalian namun cara ini saya lihat masih banyak sekali digunakan oleh para pengguna MS Excel, adapu cara penulisan perkalian dengan formula ini sendiri adalah sebagai berikut :

=SUM(number1*number2*number~)
menghitung dengan excel - perkalian
Gambar1. Perkalian Menggunakan Formula

Penerapan metode perkalian ini bisa dilakukan pada data yang berada di berbeda sheet atau beda dokumen, namun untuk melakukannya kita perlu menekan dan menahan tombol Ctrl pada saat menambahkan cell baru yang akan kita kalikan.

2. Perkalian Menggunakan Operator

Untuk melakukanya kita hanya perlu menerapkan beberapa simbol operator, dan seperti pada umumnya, penghitungan dengan menggunakan operator ini selalu diawali dengan simbol = pada awal sintaks nya. Sedangkan penulisan sitaks tersebut adalah sebagai berikut :

=number1*number2*number~
menghitung dengan excel - perkalian
Gambar2. Perkalian Menggunakan Operator

Dengan menggunakan metode ini kita bisa juga mengalikan berbagai cell yang berada dalam satu shett, berbeda sheet atau bahkan bisa juga dilakukan untuk data yang berada di dokumen yang berbeda. Kita tinggal menentukan dimana hasil perkalian tersebut akan ditempatkan dan tulis sintaks pada cell tersebut.

Apabila dari artikel di atas masih ada pertanyaan, silahkan sampaikan saja lewat kolom komentar agar nanti bisa dibahas bersama, Sekian artikel kali ini semoga bisa bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya.


EmoticonEmoticon