Mengenal Format Data Pada Excel 2013

Mengenal Format Data Pada MS Office Excel 2013 | Format data pada microsoft office excel memang sangat penting dalam rangka pengeditan dokumen spreadsheet. kadang kala kita menemui beberapa isi dari cell - cell di microsoft ofice excel menjadi berantakan dan tidak karuan, bahkan terkadang pmbeuatan datanya jadi tidak valid dikarenakan format dari data tersebut tidak bisa dibaca oleh aplikasi office lainnya untuk keperluan export. Sepertinya ini hal yang sepele namun jika tidak diperhatikan maka data yang kita buat tidak akan bisa jadi data yang valid yang bisa digunakan di berbagai platform.

Sebenarnya ini sangat mudah untuk dilakukan karena memang prosesnya sangat singkat dan tidak terlalu menggunakan banyak langkah - langkah yang rumit. karena sebenarnya adanya microsoft office excel ini sendiri dibuat untuk memudahkan perkerjaan kita, bukan untuk mempersulitnya, tinggal seberapa dalam kita mengenal dan memahami fungsi-fungsi yang dihadirkan dalam user intrfacenya.

Pernah beberapa kali saya juga mengalami masalah karena errornya data yang saya input pada salah satu cell excel, misalkan saya ingin menuliskan nomor handphone seseorang akhirnya malahan keluarnya gak karuan. jika hal ini terjadi juga pada anda jangan khawatir karena sebenarnya semua masih bisa diperbaiki. dan alangkah baiknya jika pemformatan cell di excel ini kita lakukan sebelum membuat sebuah dokumen, karena kita tidak perlu memformatnya ketika sedang fokus pada entry data dan sebagainya.

Nah berikut ini akan saya sampaikan beberapa (bukan semua) format - format yang kebanyakan terjadi pada saat pengeditan dokumen excel.

Yang pertama adalah format General atau format umum secara default. Format ini bisa digunakan untuk mengisi nomor biasa dalam artian bukan pecahan, bukan persentase, dan format ini juga mendukung data teks.

Selanjutnya adalah format Number, adalah format cell yang dimana cell dapat menampung data berupa penomoran, dan tidak mendukung isi data yang lainnya selain data teks.

Format Currency, yaitu format untuk mata uang, bisa disesuaikan mata uang mana yang ingin dientry dalam cell berformat Currency tersebut, dengan kata lain pengentrian data tidak perlu lagi menuliskan simbol currency yang diinginkan melainkan kita cukup menuliskan angkanya saja dan simbol currency akan muncul secara otomatis.

Format Accounting, hampir sama seperti currency, akan tetapi dalam penggunaannya bisa tanpa simbol currrency atau hanya berupa angka saja, format ini biasanya digunakan untung penghitungan laporan keuangan dan sebagainya. format ini juga mendukung isi berupa teks.

Format Date. Seperti namanya format date adalah format untuk cell yang akan diisi data berupa tanggal, namun pada penggunaannya tergantung pada bahasa atau masukan default pada komputer, salah satu contuh pengentrian data pada cell berformat date ini adalah dengan urutan "bulan/tanggal/tahun" atau bisa juga dengan "tahun/bulan/tanggal" sedangkan untuk menampilkan data dengan format Indonesia kita bisa memilih pemformatan dalam bahasa Indonesia tanpa merubah teknik pengentriannya.

Format Time. Adalah format yang digunakan apabila kita ingin memasukkan data berupa data waktu, pada format ini juga terdapat beberapa pengaturan tampilan printoutnya yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kita.

Format Percentage. Format ini diterapkan apabila kita membutuhkan penghitungan persentase dari angka angka tertentu, tanpa menghitunya manual format ini dapat menentukan jumlah persentase dari data yang kita masukkan.

Format Text. adalah format yang digunakan untuk menjadikan apapun yang dimasukkan dalam cell tersebut menjadi text, tidak perduli itu nomor ataupun simbol pada cell berformat text data tersebut akan berupa text. dan fungsi formula pun tidak bisa dijalankan.

Berikut contoh tabel excel dengan beberapa format pada cellnya :
contoh format cell pada excel

Pada tabel di atas dapat dijelaskan sebagai berikut :

Nomor 1 adalah cell dengan format Number
Nomor 2 adalah cell dengan format Text
Nomor 3 adalah cell dengan format Date
Nomor 4 adalah cell dengan format Number
Nomor 5 adalah cell dengan format Accounting
Nomor 6 adalah cell dengan format Accounting
Nomor 7 adalah cell dengan format Percentage
Nomor 8 adalah cell dengan format Accounting

Demikian artikel tentang Mengenal Format Data Pada Excel 2013 ini, jika dalam penyampainnya masih kurang begitu memberikan kepahaman silahkan anda tinggalkan komentar agar di kolom komentar yang tersedia, silahkan anda telisuri artikel lainnya tentang excel di blog ini dengan menekan link KATEGORI EXCEL. dan terima kasih atas kunjungannya.



EmoticonEmoticon