Cara Mendapatkan Domain Gratis Update Terbaru

Cara Mendapatkan Domain Gratis Update Terbaru | Salah satu ciri profesionalitas sebuah website adalah website yang menggunakan domain custom atau TLD (Top Level Domain) apa sebabnya juga kurang tahu tapi menurut saya pribadi sebuah website yang memiliki domain khusus terasa lebih afdhol. meskipun domain TLD tadi didapat dari gratisan alias gak modal, tapi rasanya bukan masalah. 

Ada beberapa teman saya yang sempat berbicara dengan saya masalah domain gratis ini, domain gratis biasanya beresiko, terlebih lagi untuk keperluan SEO periklanan dan sebagainya, tapi saya sendiri berkali - kali melihat domain gratisan ini muncul juga di mesin pencari google ada juga yang malah sudah diterima jadi member /publisher adsense. jadi bisa disimpulkan disini domain gratisan pun tidak jadi masalah asal dikelola dengan benar dan jangan pernah takut untuk mencoba. gak ada ruginya kok.

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara mendapatkan domain gratis selama setahun penuh atau bahkan lebih dan sekali lagi ini gratis kita hanya perlu sediakan koneksi internet yang memadai. kalo gak ada kan juga bisa pergi ke warnet sebentar. sebagian teman saya juga pernah bilang bahwa domain gratisan ini juga bisa diperpanjang terus ketika masa aktifnya sudah berakhir jadi let's try...!

Domain gratis yang saya bahas adalah domain gratis dari freenom yang dulunya adalah dot.tk sekarang sudah beralih ke freenom dan tentunya lebih baik dari segi apapun juga. baik dari penampilan, pengaturannya tang lebih mudah dan sebagainya.

Baiklah sekarang kita mulai, silahkan simak langkah - langkah berikut:


  • Buka situs freenom di freenom.com
  • Langsung ketikkan saja domain yang kita inginkan pada text box yang tersedia setelah itu klik Check Availability
  • Setelah muncul daftar pilihan domain yang tersedia, silahkan langsung pilih salah satu yang memang diinginkan dan klik tombol checkout yang baru saja muncul di bagian atas.
cara membuat domain gratis - tentukan domain

  • Ganti pilihan period pada halam berikutnya. default period adalah 3 bulan ganti menjadi 12 bulan free dan klik continue.
  • Pada halaman berikutnya akan muncul detail tagihan atas domain yang kita buat tadi dan pasti $0.00USD karena sekali lagi ini gratis. dan jika kita sudah mempunyai akun freenom kita bisa langsung login namun jika kita belum mempunyai akun di freenom isikan email kita pada bagian bawah halaman dan klik Verify My Email Address.
  • Buka email dan klik tautan yang diberikan dalam email tersebut.
  • Setelah itu isikan detail kontak yang diminta freenom pada kolom yang tersedia, bisa data fake atau asli, menurut saya data asli lebih baik, karena lebih mudah diingat dan tidak berubah. jangan lupa centang checkbox persetujuan dan klik Complete Order.

  • Selesai, silahkan login dengan akun yang kita buat tadi dan periksa domain kita sudah aktif untuk waktu satu tahun.

Saran saya, gunakan lah domain gratis ini dengan bijaksana, jangan mentang - mentang gratis terus jadi tanpa batas, dan selalu ingat untuk dapat menghargai karya orang lain. dan saya kira domain gratisan pun bisa bersaing dengan domain - domain lainnya tergantung bagaimana mengelolanya.

Bagaimana cara menggunakan domain yang sudah aktif dan juga settingnya akan saya post pada kesempatan berikutnya. dan saya kira cukup sekian untuk kali ini, silahkan tinggalkan komentar baik keluhan maupun saran yang membangun dan juga terima kasih atas kunjungannya.


EmoticonEmoticon