Mengenal Bagian-Bagian MS Excel 2013

Mengenal Bagian-Bagian MS Excel 2013 | Satu bagian sangat penting yang tidak bisa dipisahkan apabila sobat semua ingin belajar Microsoft Excel adalah mengenal tentang aplikasi ini sendiri. baik mengenal cara kerjanya, mengenal bagian - bagian excel ini serta mengenal fungsi dari bagian - bagian excel itu sendiri. kenapa saya katakan demikian? karena kebanyakan yang saya temui di sekitar saya, seseorang belajar Microsoft Excel ini hanya dengan mengingat atau menghafal letak tool dan sebagian fungsinya saja, hal ini tentu sangat tidak efisien jika pada suatu saat orang tersebut misalkan mengupgrade aplikasinya ke aplikasi yang lebih baru karena terkadang aplikasi baru tersebut menampilkan antarmuka yang berbeda meskipun sebenarnya istilah dan fungsinya masih sama.

mengenal bagian bagian ms excel 2013

Salah satu contoh ketika seseorang bermigrasi dari MS Office 2007 ke MS Office 2013 sudah barang tentu seseorang tersebut menemukan antarmuka yang sama sekali berbeda, padahal fungsi dan istilah dari antamuka tersebut sebenarnya masih sama bahkan tidak berbeda sama sekali. nah mungkin salah satu dari sobat semua pernah menjumpai hal seperti itu maka berikut sekedar memperkenalkan bagian bagian dari MS Excel 2013.

Pada bagian atas, bisa dilihat itu merupakan title bar yang menampilkan nama dokumen yang sedang kita buka.
Berikutnya pada bagian menu bar yang berisi berbagai macam menu dan pada masing masing menu tersebut memiliki tool yang berbeda, tentu saja berbeda tempat dan fungsinya. 

  • Menu HOME bierisi settingan dasar dari dokumen yang kita buat. 
  • Menu INSERT berisi perintah untuk memasukkan semua ojek baik data maupun media ke dalam dokumen dan juga pengaturannya. 
  • Menu PAGE LAYOUT berisi tools pengaturan halaman biasanya untuk kepentingan pencetakan meliputi ukuran kertas dan juga kualitas cetak. 
  • Menu FORMULAS berisi tools pembuatan maupun pengaturan formula pada dokumen spreadsheet baik saat membuat, mengedit atau bahkan saat dilakukan pembetulan.
  • Menu DATA berisi perintah perintah untuk pengaturan data baik saat kita ingin meng import atau meng export data, sortir data atau bisa juga mengatur koneksi data dengan dokumen lainnya.
  • Menu REVIEW berisi perintah untuk validasi data yang telah dibuat baik isi format dan juga letaknya dan juga berisi perintah pengamanan data yang telah dibuat.
  • Menu VIEW berisi perintah untuk merubah tampilan dokumen yang sedang kita edit atau kita buat agar lebih tepat dengan selera kita. dari zoom, tampilan cell dan juga yang lainnya
  • Menu DEVELOPER berisi tentang pengaturan expert dari sebuah dokumen misalnya pada saat seseorang ingin meng integrasikan sebuah dokumen dengan perintah BASIC, atau pun saat seseorang ingin mengatur add ins dari MS Excel ini.
bagian bagian microsoft excel


Berikutnya kita bisa menjumpai banyak lagi bagian - bagian dari MS Excel ini. mulai dari bagian Column, Cell, Rows yang memang sedikit sekali mengalami perubahan dibanding aplikasi yang rilis sebelumnya. dibagian sebelah kanan kita bisa menjumpai scrool bar yang juga tidak berbeda dari versi sebelumnya dan ada juga worksheet ditambah lagi ada status bar yang befungsi memonitor status dokumen dalam hal perlakuan errors dan sebagainya.

Demikian artikel singkat ini semoga bermanfaat, sampai ketemu lagi pada artikel selanjutnya. Jangan lupa tinggalkan komentar dan terima kasih atas kunjungannya.


EmoticonEmoticon