Menghitung Dengan Excel (Part 4) Pembagian

Menghitung Dengan Excel (Part 4) Pembagian | Dengan menggunakan MS Office Excel kita bisa melakukan berbagai macam operasi penghitungan, baik dari penjumlahan perkalian pengurangan dan juga pembagian dari bilangan - bilangan yang terdapat dalam dokumen MS Excel. dengan adanya fasilitas tersebut kita akan sangat dimudahkan untuk melakukan dan menyelesaikan segala tugas maupun pekerjaan kita apabila kita paham dan mengerti bagaimana cara menggunakan fasilitas - fasilitas tersebut. karena keakuratan dan juga kecepatan proses data merupakan hal yang sangat vital akhir-akhir ini di kalangan pelaku bisnis maupun pelajar.

Pada pembahasan penghitungan menggunakan Excel bagian 4 ini saya akan sedikit membahas tentang operasi pembagian dan cara yang bisa dilakukan untuk melakukannya. namun sebelum melakukan pembagian ini saya asumsikan anda sudah sedikit mengetahui tentang format - format data pada MS Excel, jika anda belum tahu sama sekali silahkan baca dulu artikel Mengenal Format Data Pada Excel 2013 untuk mengetahui tentang format data yang bisa dibagikan.

menghitung dengan excel - pembagian

Beberapa metode bisa dilakukan untuk melakukan operasi pembagian ini yaitu dengan menggunakan formula (=SUM) atau langsung dengan menggunakan operator pembagi. sedangkan operator pembagi dalam excel sendiri adalah simbol ( / ). mari kita simak bersama pembahasan berikut ini : 

1. Pembagian Menggunakan Formula

Seperti yang telah saya jelaskan pada artikel sebelumnya salah satu cara untuk melakukan penghitungan yaitu menggunakan formula (=SUM) yang sebagian besar masih digunakan oleh para pengguna MS Excel saat ini. Untuk melakukan pembagian menggunakan formula bisa dituliskan sintaks sebagai berikut : 
=SUM(number1/number2/number~)
pembagian menggunakan formula
Gambar1. Pembagian Menggunakan Formula
Sedangkan caranya kita tempatkan formula di atas pada cell yang kita kehendaki dimana hasil pembagian akan muncul disana. Cara ini bisa dilakukan untuk data atau cell pada satu sheet saja juga bisa dlakukan untuk data yang berada di berbeda sheet dan juga berbeda dokumen. untuk melakukan pembagian dari berbeda sheet atau dokumen kita tinggal menekan tombol Ctrl pada keyboard untuk menambah data atau cell baru yang akan dibagikan.

2. Pembagian Menggunakan Operator

Pembagian menggunakan metode ini bisa dikatakan sangat mendasar namun sekaligus juga bisa dikatakan paling sederhana. karena kita hanya perlu mengetahui operator untuk berbagai proses penghitungan yang dalam hal pembagian Excel bisa menggunakan operator ( / ). Untuk melakukan pembagian hanya menggunakan operator saja, kita bisa menuliskan sintaks sebagai berikut : 
=number1/number2/number~
pembagian menggunakan operator
Gambar2. Pembagian Menggunakan Operator
Sama seperti menggunakan formula. kita tempatkan operator pembagian ini pada cell yang kita kehendaki dan tuliskan saja operator dan referensi datanya. mudah bukan..? Sedangkan untuk melakukan pembagian terhadap cell yang berada di berbeda sheet atau dokumen kita juga bisa menggunakan cara yang sama seperti saat menggunakan formula.

Itu tadi beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melakukan pembagian bilangan dengan MS Excel. Jika masih ada yang perlu ditanyakan, silahkan tuliskan saja pada kolom komentar yang tersedia agar nanti bisa dilakukan penyelesaian apabila terdapat error pada operasi pembagian kita.

Demikian artikel kali ini. semoga bisa bermanfaat bagi pembaca dan juga penulisnya dan terima kasih atas kunjungannya.


EmoticonEmoticon