Menghitung Persentase Dengan Excel

Menghitung Persentase Dengan Excel | Salah satu fasilitas yang tidak kalah pentingnya dalam MS Ofiice Excek yaitu fasilitas penghitungan persentase, dimana kita bisa melakukan penghitungan hasil persen dari sebuah angka ataupun ketika kita ingin mengetahui jumlah persen dari suatu bliangan. dengan mengginakan fasilitas ini kita akan sangat dimudahkan dalam hal penghitungan, bisa dibayangkan apabila kita melakukannya secara manual, maka yang ada malahan akan menyita seluruh waktu kita hanya untuk menghitung.

Pada kesempatan ini saya akan membahas tentang penghitungan persentase menggunakan MS Excel. Ada dua jenis penghitungan persentase ini. yang pertama yaitu menentukan persentase dari sebuah bilangan dan yang kedua adalah mencari hasil bilangan dari sekian persen bilangan yang kita hitung. huh bingung bacanya yang jelas begini. kita bisa mementukan % dan kita juga bisa menghitung bilangan A x ...% = ... baiklah mari kita simak bersama - sama.

menghitung persentase dengan excel
Menghitung Persentase Dengan Excel

Yang pertama dalam pembahasan ini adalah menetukan % dari dua buah angka yang kita bandingkan. Untuk melakukannya kita terlebih dahulu harus memformat cell yang akan ditempati hasil persen ke dalam format Percentage caranya :
  • Klik kanan pada cell dan pilih Format Cells
  • Pada Jendela yang baru saja muncul pilih tab Number di sebelah atas kemudian pilih Percentage pada pilihan di sebelah kiri.
  • Setelah itu kita sesuaikan nilai desimal pada format ini, dan disini saya pilih 2 nilai desimal dibelakang koma.

Setelah selesai memformat sekarang kita lakukan penghitungan. mari kita simak bersama - sama.

Pastikan kursor kita berada pada cell yang sudah kita format menjadi percentage tadi dan pastikan data yang kita hitung persentasenya sudah ada. Adapun formula yang digunakan dalam penghitungan ini adalah pembagian. Silahkan baca artikel Menghitung Dengan Excel (Part 4) Pembagian untuk lebih jelasnya. Contoh. saya akan menghitung berapa persenkah angka 10 dari angka 100? maka saya bisa tuliskan formula sebagai berikut : 
=number1 / number2
Silahkan perhatikan gambar berikut :
menghitung nilai persen
Gambar1. Menghitung Nilai Persen


Sebagai catatan bahwa pembagian dilakukan dengan membagikan angka 10 jadi kesimpulannya angka kecil-lah yang dibagi. contoh diatas bisa dijabarkan bahwa angka 10 dibagi 100. Jika penulisan formula dan pemformatan cell dilakukan dengan benar maka hasilnya seperti pada gambar di atas.

Yang kedua yaitu ketika kita sudah mengetahui nilai persen namun kita belum mengetahui hasil dari angka kita bila kita kalikan persen tersebut. Untuk melakukannya kita harus sudah mempunyai minimal 1 cell berformat number dan 1 cell berformat percentage. Namun dalam penghitungan kali ini formula yang digunakan adalah perkalian. Silahkan baca artikel Menghitung Dengan Excel (Part 3) Perkalian untuk lebih jelasnya. Contoh : bulan ini saya mendapat keuntungan, namun keuntungan tersebut harus dibagi dengan klien saya misalkan saya 60% dan klien saya 40% maka saya bisa menghitung berapa jumlah yang saya berikan kepada klien saya yang sejumlah 40% dari keseluruhan keuntungan bulan ini. saya bisa mnghitungnya dengan formula sebagai berikut :
=number1 * Percentage
menghitung hasil persen
Gambar2. Menghitung Hasil Persen
Jika penulisan formula dan pemformatan cell dilakukan dengan benar maka hasilnya seperti pada gambar di atas.

Kedua formula di atas bisa dilakukan pada data yang berada dalam satu sheet atau berbeda sheet bahkan juga berbeda dokumen. jadi menurut saya fitur ini sangat bisa membantu kita dalam menyelesaikan penghitungan data yang kita butuhkan.

Demikian artikel kali ini semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan komentar pada kolom komentar yang tersedia agar nanti bisa dibahas bersama-sama apabila mengalami error, karena saya membuat artikel ini berdasarkan pengalaman saya. dan terima kasih atas kunjungannya. 


EmoticonEmoticon