Tips Membuat Halaman Statis di Blogger

Tips Membuat Halaman Statis di Blogger - Halaman statis di blogger merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari blog itu sendiri, kita bisa menempatkan informasi tentang web atau blog kita dan juga hal - hal yang berkaitan dengan peraturan dan juga interaksi antara pengguna dan pengelola blog. Halaman statis ini biasanya digunakan untuk menempatkan informasi Contact, Privacy, dan juga yang lainnya. dengan menggunakan halaman statis ini pengguna bisa langsung mengetahui informasi yang mereka butuhkan tentang suatu blog hanya dengan satu kali klik saja, tidak perlu mencari satu persatu artikel ataupun post tertentu.

Dalam pembuatan halaman statis di blogger banyak hal yang perlu diperhatikan, diantaranya adalah alamat atau url dari halaman tersebut. terkadang saya menemukan beberapa alamat atau url dari halaman tersebut tidak menandakan isi dari halaman itu sendiri. sebagai contoh saya pernah membuat halaman statis bertajuk About, saya sudah menuliskan judul About pada judul halaman tersebut, akan tetapi link yang dihasilkan berbeda dengan tajuk halaman yang saya buat misal "http://namablog.blogspot.com/p/nama_blog_12.html". sebenarnya url tersebut pun bisa digunakan dan aktif. akan tetapi untuk kepentingan Search Engine Optimization atau SEO url halaman tersebut kurang begitu baik dan seharusnya url halaman yang baik adalah "http://namablog.blogspot.com/p/about.html" karena memang halaman tersebut adalah halaman bertajuk About.
tips membuat halaman statis di blogger

Nah, bagaimana caranya agar url halaman statis yang kita buat bisa menjadi halaman status dengan url yang baik? mari kita simak bersama sama pembahasan berikut ini :

Hal pertama yang kita lakukan adalah membuat satu halaman baru, karena jika halaman sudah kita buat kita tidak bisa merubah urlnya, jika ada data yang penting dalam halaman statis sebelumnya maka sebaiknya kita backup dulu isi halaman statis tersebut. silahkan buat halaman statis baru dengan cara :

  • Login Akun Blogger --|pilih pada menu Pages
  • Klik tombol New Page untuk membuat halaman baru
  • Pada halaman berikutnya silahkan isikan judul halaman yang kita buat, misalkan about. namun penulisannya harus dilakukan dengan menggunakan huruf kecil semua.
  • Biarkan isinya kosong dulu kemudian klik Publish.
  • Setelah itu kita periksa apakah url yang dihasilkan akan sesuai dengan tajuk halaman tersebut dengan cara mengkik link View di bawah nama halaman tadi.
  • Setelah diketahui bahwa url halaman tadi sesuai, silahkan edit halaman tersebut dan isikan datanya sesuai dengan tujuannya. kita juga bisa merubah judul halaman tersebut. yaitu mengubah kapitalisasi hurufnya dari semula "about" menjadi "About" tanpa merubah url dari halaman statis tadi.
  • Setelah selesai mengisi datanya tinggal pilih Save dan halaman statis yang kita buat sudah memiliki url yang baik untuk kepentingan SEO.
Apabila masih gagal silahkan ulangi lagi proses di atas, namun saya kira kemungkinan gagal akan relatif kecil jika kita melakukannya dengan benar. jika ada yang masih ingin ditanyakan silahkan tuliskan saja pada kolom komentar, terima kasih semoga artikel ini bisa bermanfaat dan selamat mencoba.


EmoticonEmoticon