Tutorial Cara Membuat Blog di Blogger Lengkap

Cara Membuat Blog di Blogger - Membuat  blog dengan menggunakan blogger merupakan cara membuat blog yang paling mudah saat ini, karena disamping pengembangan dari pihak blogger sendiri sekarang ini fiturnya sudah sangat mudah untuk digunakan sekalipun bagi pengguna baru, meskipun banyak sekali layanan - layanan yang menyediakan pembuatan blog personal maupun bisnis, namun pada kenyataannya blogger masih menjadi pilihan terbesar yang diterapkan. hal ini dikarenakan pembuatan blog yang relatif mudah dan juga prosesnya yang sangat ringan. sehingga kita tidak memerlukan koneksi yang sangat cepat ataupun spesifikasi komputer yang lebih.

Artikel kali ini akan membahas tentang bagaimana cara membuat blog dengan mudah di blogger, dan pembahasan kali ini saya khususkan bagi para pemula yang baru memulai blogging. bagi para master yang sudah mengetahui dan mahir dalam dunia blogging saya sangat mengharapkan sarannya, karena bisa dikatakan saya sendiri merupakan pengguna baru.

Untuk membuat blog sederhana di blogger hal yang harus kita perhatikan antara lain :

  • Tujuan kita membuat blog
Tujuan pembuatan blog adalah dasar pertama dalam pembauatan blog, mungkin saja kita ingin membuat hanya untuk coba - coba saja, bisa saja kita membuat blog untuk keperluan tertentu seperti sharing informasi dan perkembangan terbaru atau juga berita - berita terbaru tentang apapun
  • Apa yang akan kita sampaikan dalam blog tersebut
Hal yang satu ini sangat krusial, karena tema pembahasan blog adalah kunci dari blog itu sendiri, karena jika blog yang kita buat tema-nya tidak menjurus pada hal - hal tertentu saja, nantinya kita malah akan repot sendiri, ditambah lagi dengan dunia SEO yang sangat memerlukan kepastian tema dari sebuah blog.
  • Siapa saja yang akan menjadi pengunjung blog kita
Agar nantinya blogging bisa berjalan baik kita juga musti mempunyai sasaran yang jelas, meskipun hanya perkiraan saja tetapi saya anggap penentuan sasaran yang tepat dapat mempengaruhi keberhasilan sebuah blog. Biasanya hal ini berkaitan dengan penentuan tema blog karena blog anda hanya akan dikunjungi oleh orang - orang yang mencari tema yang cocok dengan blog kita.

Oke, jika tujuan dan juga yang lainnya sudah ada, langkah langkah untuk membuat blog di blogger adalah sebagai berikut :

  • Daftar akun Google. untuk melakukannya kita perlu mendaftar Gmail. atau jika sudah punya kita lanjut ke langkah berikutnya.
  • Selanjutnya kita buka alamat blogger di www.blogger.com dan silahkan login dengan akun google yang sudah kita miliki.
  • Jika saat kita membuat akun google kita belum membuat akun Google Plus kita akan dimintai konfirmasi akun, disini silahkan pilih Create a Google+ profile agar nanti kita bisa menghubungkan blog yang kita buat dengan akun Google Plus kita. namun jika kita sudah mempunyai akun Google Plus kita bisa langsung lanjutkan ke Blogger dengan menekan tombol Continue to Blogger.
  • Pada halaman berikutnya silahkan pilih New Blog untuk membuat blog baru kita.
  • Kemudian lengkapi data pada popup yang baru saja muncul mulai dari judul, alamat dan template blog. (catatan : alamat blog kadang memang tidak tersedia seperti yang kita inginkan karena sudah ada pengguna Blogger lain yang menggunakan alamat tersebut. dan sebagai tips silahkan pilih alamat blog yang sesuai dengan tema blog kita). silahkan perhatikan gambar berikut ini :
cara membuat blog di blogspot blogger

  • Jika sudah selesai melengkapi data silahkan klik tombol Create blog! dan blog kita pun sudah jadi.
Untuk kostumisasi dan juga pengaturan - pengaturan yang lainnya akan saya post di kesempatan berikutnya. jadi dengan beberapa langkah di atas kita sudah bisa memiliki satu blog pribadi yang bisa kita gunakan untuk berbagai macam keperluan blogging.

Saya kira cukup sampai disini artikel kali ini. jika ada kendala atau pertanyaan silahkan tuangkan saja di kolom komentar agar nanti bisa kita bahas bersama - sama. Sekian semoga bermanfaat dan selamat mencoba.


EmoticonEmoticon