Cara Mengganti Template Blogger | Blogger Tutorial

Cara Mengganti Template Blogger | Blogger Tutorial - Menggunakan template custom merupakan salah satu cara yang bisa digunakan agar tampilan blog kita lebih menarik dan juga lebih nyaman jika pengunjung melihat blog kita, karena dengan template yang baik pengunjung bisa betah berlama - lama membaca artikel di blog kita. meskipun sebenarnya template bawaan blogger sudah merupakan template yang baik akan tetapi menggunakan template sendiri akan terasa lebih membanggakan. bukan hanya itu saja, dengan menggunakan template custom kita bisa juga mengkostumisasi blog kita sebaik - baiknya demi kemajuan blog itu sendiri.

Dalam kesempatan kali ini saya akan membahas sedikit tentang bagaimana caranya menggunakan template custom atau mungkin template buatan kita sendiri mulai dari menentukan template sampai dengan mamasangnya di blog.

cara mengganti template blogger

Sebelum kita mulai menggunakan template custom berikut ini beberapa tips memilih template yang akan kita pasang atau kita gunakan di blog kita, beberapa hal tersebut antara lain :

Pilih Template Responsive
Dalam menggunakan template blog sebaiknya kita pilih template yang responsive. Apa itu template responsive? template responsive adalah template yang sangat ringan sekali untuk ditampilkan di browser, artinya waktu yang digunakan akan lebih sedikit dalam meload halaman blog kita.

Pilih Warna yang Sesuai
Salah satu hal yang bisa dikatakan penting adalah pemilihan warna template yang akan kita gunakan, usahakan agar warna template tersebut sesuai dengan tema blog yang sedang kita kembangkan, jangan gunakan warna yang terlalu mencolok atau warna yang tidak nyaman di mata para pengunjung.

Pilih Template dengan Navigasi yang Jelas
Agar bisa memudahkan para pengunjung untuk dapat mengakses seluruh halaman maupun konten dari blog kita kita sebaiknya memilih template yang sudah ada fitur navigasinya, baik itu navigasi halaman maupun navigasi posting dan sebagainya.

Oke, untuk memulai mengganti template blog bawaan blogger dengan template custom mari kita ikuti langkah - langkah sebagai berikut :

  • Siapkan dulu template yang kita pilih, jika belum punya silahkan cari di Google, karena saat ini banyak sekali situs yang sudah menyediakan template - template responsive yang gratis.
  • Setelah kita mempunyai template yang kita download sekarang kita login ke Akun Blogger dan pilih menu Template.
  • Pada halaman ini silahkan pilih tombol Backup /Restore di sebelah kanan atas tampilan halaman. maka akan muncul jendela popup baru.
  • Pada jendela ini silahkan pilih Download full template jika kita ingin membackup template yang sekarang sedang kita gunakan agar nanti jika ada kekeliruan kita bisa mngembalikan template kita ke standar. namun jika kita tidak ingin melakukan backup silahkan langsung pilih tombol Choose File.
upload blogger template

  • Cari dimana kita tempatkan template yang sudah kita download tadi, jika kita download template tersebut dalam format *.zip atau *.rar silahkan extract terlebih dahulu dan biasanya template blogger ini menggunakan file berekstensi *.xml. => klik Open dan kemudian Upload.
  • Tunggu prosesnya selesai dan setelah selesai, kita akan menjumpai blog kita sudah dengan penampilan baru sesuai template yang kita gunakan.
Untuk menambahkan Widget yang kita butuhkan silahkan menuju menu Layout atau Tata Letak dan tambahkan widget sesuai dengan kebutuhan kita. agar nanti pengunjung bisa dengan mudah menemukan konten - konten maupun halaman yang kita miliki di blog kita.

Demikian artikel kali ini tentang Cara Mengganti Template Blogger semoga bermanfaat. Jika masih belum jelas dengan penjelasan di atas atau jika sobat menemukan error silahkan sampaikan saja di kolom komentar agar nanti bisa dibahas bersama. terima kasih dan selamat mencoba.

1 comments

Terima Kasih, artikelnya sangat membantu...


EmoticonEmoticon