Cara Mencegah Kerusakan Printhead

Printhead adalah kepala dari catridge yang fungsinya mendistribusikan tinta ke media pencetakan atau kertas, baik itu kertas jenis HVS atau yang lainnya. Agar bisa mendapatkan hasil cetak yang maksimal sudah pasti tidak boleh ada satupun gangguan di printhead, karena sedikit saja gangguan pada printhead akan dapat menyebabkan hasil cetak kurang baik atau bahkan buruk.

Berikut ini beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk merawat printhead agar lebih tahan lama dan juga agar tidak terlalu sering mengganti printhead dengan yang baru, karena kalau dihitung - hitung harga catridge tergolong mahal.
Mencegah kerusakan catridge

1. Gunakan Tinta Original

Beberapa pengguna printer mungkin mengabaikan hal ini, akan tetapi penggunaan tinta original dapat memperkecil kemingkinan rusak atau macet nya printhead, meskipun kadang harganya lebih mahal akan tetapi penggunaan tinta non-original dapat menyebabkan terjadinya beberapa masalah seperti printhead macet /tinta tidak mau keluar dan lain lain. hal ini terjadi karena formula yang digunakan saat pembuatan tinta mungkin sedikit berbeda dengan formula tinta original. oleh sebab itu sebaiknya kita gunakan tinta original saja karena dengan menggunakan tinta original juga dapat memperoleh hasil cetak yang lebih bagus.

2. Gunakan Kertas /Media yang Tepat

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk dapat menjaga keawetan printhead adalah menggunakan kertas /media pencetakan yang tepat. mungkin cara ini kurang berpengaruh juga akan tetapi menggunakan media pencetakan yang tepat paling tidak dapat memperkecil kemingkinan kerusakan printhead hingga 15%. beberapa prnter mungkin didesain untuk dapat mencetak berbagai macam ukuran dan jenis kertas akan tetapi ada juga printer yang hanya digunakan untuk dapat mencetak menggunakan media pencetakan tertentu saja. salah satu contoh media yang kurang tepat adalah mencetak menggunakan kertas buram atau kertas yang bukan ditujukan untuk digunakan dengan printer seperti kertas Manilla atau kertas Asturo.

3. Hindari Kehabisan Tinta

Segeralah isi ulang catridge kita jika mengalami kehabisan tinta, karena membiarkan catridge dalam keadaan kosong dalam waktu yang lama juga dapat meyebabkan kemacetan pada printhead terlebih lagi jika printhead masih dalam keadaan panas karena dapat menyebabkan mengering nya sisa tinta yang tertinggal di pita printhead yang nantinya dapat menjadi penyumbat.

4. Lakukan Cleaning Setelah Mencetak

Setelah kita melakukan pencetakan dalam jumlah banyak, sempatkanlah untuk membersihkan printhead menggunakan fasilitas head cleaning yang pasti ada pada setiap jenis printer. Hal ini dilakukan untuk selalu menjaga kebersihan printhead dari sisa - sisa tinta yang tercecer saat proses pencetakan sehingga dapat mengurangi resiko mengeringnya tinta di printhead.

5. Usahakan Untuk Mencetak Setiap Hari

Cara yang satu ini mungkin juga agak diabaikan oleh para pengguna printer inkjet, tetapi melakukan pencetakan setiap hari juga dapat mempengaruhi keawetan printhead. Kenapa saya katakan demikian? karena mendiamkan printer dalam waktu yang cukup lama juga dapat mengakibatkan mengeringnya tinta yang ada di printhead sehingga akhirnya mengeras dan dapat menyumbat printhead itu sendiri. jadi alangkan baiknya jika printer digunakan untuk mencetak setiap hari meskipun hanya satu lembar cetak saja.

Itulah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah kerusakan pada printhead, tentunya masih banyak juga cara - cara lain yang dapat dilakukan, namun menurut saya beberapa cara di atas merupakan hal vital dalam menjaga keawetan printhead /catridge.


EmoticonEmoticon