Menentukan Keyword yang Baik Dengan Google Adwords

Sebagai dalah satu penunjang dalam hal SEO (Search Engine Optimization) penentuan keyword yang tepat pada sebuah blog tidak dapat dipisahkan dari prosesnya, kenapa demikian? karena menurut si mbah Google, blog atau website yang baik adalah yang mendapat kunjungan dari search engine atau mesin pencari, bukan yang berasal dari backlink ataupun link yang dibagikan melalui media sosial dan sebagainya, disamping itu penentuan keyword yang tepat dapat juga meningkatkan earning Adsense jika kamu adalah seorang publisher Adsense.

Terdapat banyak cara dan juga alat yang bisa dipergunakan untuk riset keyword pada blog atau website yang kamu kelola, namun pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Cara Memanfaatkan Google Adwords Sebagai alat Riset Keyword yang tepat untuk blog kamu. Kenapa saya memilih Google Adwords? karena disamping Google memang merupakan empunya Search Engine, Google Adwords ini bisa dimanfaatkan secara cuma - cuma.

Berikut beberapa langkah yang perlu kamu lakukan untuk riset keword mengguonakan Google Adwords :

Pertama - tama silahkan menuju website Google Adwords dengan mengakses https://adwords.google.com jika kamu belum Log In silahkan kamu Log In menggunakan akun google kamu.

Setelah kamu berhasil Log In silahkan kamu pilih Menu Tool pada bagian atas website, menu ini adalah dropdown menu jadi silahkan pilih Tool kemudian pilih Keyword Planner

Pada halaman selanjutnya silahkan pilih Search for new keywords using a phrase, website or category maka akan muncul form baru seperti gambar di bawah ini :

Menentukan Keyword yang Baik Dengan Google Adwords
Selanjutnya lengkapi informasi yang dibutuhkan seperti penjelasan berikut ini :
  • Pada kolom Your product or service silahkan isikan keyword yang sedang kamu tuju, misalkan bisa diisi dengan keyword "Tutorial Adsense" dan sebagainya.
  • Pada kolom Your landing page, silahkan kamu isi dengan alamat website atau blog kamu.
  • Berikutnya kamu akan diminta untuk memilih kategori dari keyword yang kamu pilih, dalam kasus ini saya tidak memilih kategori agar seluruh kategori bisa muncul nanti dalam result nya.
  • Pada bagian Targeting dan Cutomize your search saya biarkan default saja. Kamu bisa saja memilih target lokasi keyword ini dengan memilih negara dan kamu juga bisa melakukan beberapa filter atas keyword yang ditemukan nantinya. tapi disini saya biarkan saja default.
  • Selanjutnya kamu bisa mengatur rentang waktu keyword ini. Maksudnya dalam waktu sekian bulan apakah keyword ini memiliki rate yang tinggi atau biasa - biasa saja.
  • Setelah semua selesai silahkan tekan Get ideas dan hasilnya akan muncul pada halaman berikutnya.
Pada halaman hasil kamu bisa mengetahui kata pencarian apa saja yang paling sering digunakan oleh pengguna internet beserta jumlah dan juga ttingkat kompetisi keyword tersebut dari berbagai website atau blog yang sudah ada dengan memilih tab Keyword ideas atau silahkan simak gambar di bawah ini :
Menentukan Keyword yang Baik Dengan Google Adwords

Setelah proses ini berhasil silahkan kamu gunakan keyword tersebut untuk membuat artikel SEO ala kamu sendiri dengan memfokuskan pada hasil riset yang telah kamu lakukan, saya rasa ini bisa dilakukan dengan mudah karena kamu hanya perlu melakukan beberapa langkah dan kamu pun sudah mendapatkan informasi keyword yang tepat untuk blog atau website kamu.

Sekian kali ini selamat mencoba dan semoga berhasil.


EmoticonEmoticon