Cara Membagi Koneksi SSH via WiFi

Cara Membagi Koneksi SSH via WiFi | Banyak sekali pengguna internet sekarang ini menggunakan jasa tunneling berupa SSH, akan tetapi dalam hal ini para pengguna SSH dihadapkan pada satu masalah yang cukup serius salah satunya yaitu sharing koneksi tersebut via WiFi yang memang tidak memungkin dilakukan secara langsung. Namun yang namanya jaringan bagaimanapun bisa diatur sesuai dengan kebutuhan pengguna. terlebih lagi jika Tunneling yang kita gunakan mensupport proxy forwarding, hal ini tentu saja sangat menguntungkan.

Pada kesempatan kali ini saya akan share kepada sobat blogger semua bagaimana caranya sharing koneksi SSH yang sobat miliki via WiFi hotspot. pada artikel kali ini saya akan fokuskan bagaimana setting wifi tersebut hanya dengan Command Prompt /CMD pada windows tanpa software tambahan yang lain.

Baiklah langsung saja kumpulkan bahan yang kita perlukan.
  • Bitvise SSH Client. Jika belum punya silakan googling dulu.
  • SoftEther VPN Client Manager. Jika belum punya juga silahkan googling dulu.
  • Sedikit pengetahuan tentang hostednetwork (windows 8/8.1 atau adhoc Network win 7)
Setelah semua bahan terkumpulkan dan terinstall sekarang kita lanjutkan dengan langkah berikut :

  • Koneksikan modem ke internet;
  • Untuk yang menggunakan inject silahkan samakan listen port inject dengan proxy setting pada bitvise kemudian login bitvise dengan akun masing-masing hingga sukses;
  • Buka SoftEther VPN Client Manager, samakan settingan proxy pada SoftEther VPN Client Manager dengan poxy forwarding pada bitvise yang bisa kita temukan di tab Services dan konek pada salah satu server VPN yang tersedia.
  • Sebelum setting wifi alangkah lebih baiknya jika kita cek dulu apakan driver wifi kita support hostednetwork dengan cara ketikkan perintah "netsh wlan show drivers" tekan enter dan cari keterangan hostednetwork. jika yes berarti driver kita support hostednetwork.
  • Setting wifi yang akan kita gunakan caranya ketik perintah berikut : "netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=nama wifi key=password" tanpa tanda petik kemudia tekan enter. jika berhasil maka akan muncul info bahwa settingan hostednetwork kita sudah berhasil.
  • Jika proses di atas sudah berhasil sekarang kita bisa memulai /mengaktifkan hostednetwork ketikkan command "netsh wlan start hostednetwork" tanpa tanda petik dan tekan enter seperti gambar berikut :

sharing ssh via wifi

  • Langkah selanjutnya yaitu menshare koneksi vpn yang telah kita buat dengan SoftEther VPN Client dengan langkah sebagai berikut :
  1. Klik kanan ikon network pada taskbar dan pilih "Open network and sharing center"
  2. Setelah muncul window baru, klik pada "Change adapter settings"
  3. Setelah itu klik kanan pada adapter VPN yang kita buat dan pilih "Properties"
  4. Pada tab "Sharing" klik checkbox "Allow other....." kemudian pilih adapter hostednetwork yang sudah kita buat dengan CMD tadi. pastikan bahwa setting IP pada hostednetwork adalah 192.168.137.1 namun biasanya settingan ini akan otomatis, dan alangkah baiknya jika kita periksa dulu.
  5. Klik setting dan centang semua checkbox kemudian klik OK dan OK.
  6. Selesai dan wifi gratisan buatan sendiri siap digunakan.
Sekian artikel kali ini semoga bermanfaat.

1 comments


EmoticonEmoticon