Cara Membuat Bootable Flash Disk

Cara Membuat Bootable Flash Disk | Mungkin sobat blogger semua pernah dengar atau bahkan melihat seseorang menginstall operating system hanya dengan menggunakan flash disk. Baik itu OS Windows, Linux atau yang lainnya.

Nah kali ini saya akan share ke sobat semua, gimana sih caranya bikin USB yang bisa buat install OS? Namun kali ini saya akan contohkan membuat (Bootable Flash Disk) Untuk install Windows 8/8.1. karena disamping lebih praktis, para pemula pun bisa dengan mudah melakukannya. ada juga sebagian temen saya yang bilang bahwa sekarang sudah tersedia flashdisk untuk install OS cukup hanya dengan moncopy seluruh content installer ke dalam flashdisk dan sudah bisa digunakan. namun kali ini saya fokuskan saja cara konvensional yang saya anggap paling muda dan paling aman.

Oke pertama tama kita harus punya alatnya dulu yaitu software yang bernama PowerISO. Sebenarnya banyak software sejenisnya namun kali ini saya fokuskan saja ke Power ISO. Dan jika sobat semua belum punya softwarenya silahkan download di situs resminya. dan software ini pun menyediakan trial yang bisa sobat manfaatkan.

Yang kedua yaitu bahannya. Jika sobat ingin membuat bootable flash disk untuk install Windows 8/8.1 tentunya sobat semua harus punya masternya yaitu file *.iso Windows 8/8.1 versi apa saja. bisa dari master yang sobat beli dari Microsoft secara langsung atau bisa mencari versi avaluasinya di mesin pencari. saran saya gunakanlah software asli, karena disamping lebih aman dan nyaman, kita juga bisa menerima update terbarus secara penuh dan juga bantuan dari pihak developer sepenuhnya.

Jika alat dan bahan sudah siap berikut langkah – langkahnya : 

cara membuat bootable flash drive

  • Buka software PowerISO, dengan cara klik kanan >> Run as Administrator
  • Setelah itu kita menuju ke tab Tools dan pilih Create Bootable USB Drive…
  • Setelah muncul dialog box baru kita pilih file *.iso nya (seperti kotak merah atas), kemudian kita pilih di flash disk mana bootable flash disk akan dibuat (seperti kotak merah tengah) setelah itu kita klik OK.
  • Tunggu prosesnya selesai dan saat selesai akan muncul doalig box success
  • Bootable Flash Disk siap digunakan
Untuk melakukan install atau boot dari flashdisk ini pun mudah. tinggal disetting sediki pada BIOS (Basic Input Output System) ubah pada bagian boot nya di menu setup, (saya asumsikan kamu sudah tahu bagaimana cara masuk menu BIOS karena setting bios pada komputer ataupun laptop bisa berbeda beda tergantung siapa dan darimana mainboard laptop atau komputer kamu dibuat) jika sudah selesai setting tinggal save dan restart, maka installasi pun akan segera dimulai.

Sekian dari saya semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon