Cara Install XAMPP di Linux Mint

Sebelum memulai pembahasan, alangkah lebih baik jika kita mengenal terlebih dahulu apa itu XAMPP. XAMPP adalah perangkat lunak gratis, yang mendukung banyak sistem operasi, merupakan kompilasi dari beberapa program.

Fungsinya adalah sebagai server yang berdiri sendiri (localhost), yang terdiri atas program Apache HTTP Server, MySQL database, dan penerjemah bahasa yang ditulis dengan bahasa pemrograman PHP dan Perl. Nama XAMPP merupakan singkatan dari X (empat sistem operasi apapun), Apache, MySQL, PHP dan Perl. Program ini tersedia dalam GNU General Public License dan bebas, merupakan web server yang mudah digunakan yang dapat melayani tampilan halaman web yang dinamis (WikiPedia)

Beberapa Program yang termasuk dalam paket XAMPP yaitu :
  • Apache 2.4.4
  • MySQL 5.6.11
  • PHP 5.5.0
  • phpMyAdmin 4.0.4
  • OpenSSL 1.0.1e
Berikut ini adalah cara menginstall XAMPP di Linux Mint / Ubuntu :
  • Download versi XAMPP untuk Linux yang sesuai dengan kebutuhan;
  • Masuk lokasi dimana file XAMPP yang sudah di-download tersimpan (pastikan file memiliki ekstensi *.run);
  • Klik kanan pada ruang kosong, pilih "Open in Terminal";
  • Masuk sebagai super user (ketikkan su pada terminal);
  • Mengganti permission pada file installer XAMPP (ketikkan chmod 755 xampp-linux-x64-1.8.3-2-installer.run) >> Keterangan: xampp-linux-x64-1.8.3-2-installer.run adalah nama file installer;
  • Install XAMPP tersebut (ketikkan ./xampp-linux-x64-1.8.3-2-installer.run).
Singkatnya hanya dilakukan dengan tiga buah command berikut ini:

"su"

"chmod 755 xampp-linux-x64-1.8.3-2-installer.run" (sesuai nama file yang didownload tadi)

"./xampp-linux-x64-1.8.3-2-installer.run" (tanpa tanda petik)
Akan muncul tampilan window seperti di Windows, dan silahkan install (cukup klik next next dan finish, tidak ada settingan lain). Setelah selesai menginstal, XAMPP 1.8.3 untuk Linux ini sudah ada XAMPP Control Panel for Linux, sehingga memudahkan kita untuk mengaktifkan dan menyetop Apache maupun MySQL tanpa melalui terminal. Lihat gambar berikut:

cara install xampp di linux

Kesulitan dengan cara tersebut? Kembali ke terminal saja. Kita mengaktifkan dan menonaktifkan XAMPP via terminal. Cukup ketikkan:
“su”
“/opt/lampp/lampp start” (tanpa tanda petik)

Setelah XAMPP berjalan sekarang kita coba di browser ketikkan 'localhost/xampp' atau '127.0.0.1/xampp' pada address bar maka tampilan xampp akan muncul da tinggal kita pilih bahasa apa yang akan digunakan nanti.

Ketika ingin menyetop XAMPP di Linux dengan cara langsung ketikkan di terminal 
“/opt/lampp/lampp stop”
Permasalahan yang mungkin timbul adalah tidak bisa instalasi XAMPP di Linux dan di terminal muncul pesan bash: ./xampp-linux-x64-1.8.3-2-installer.run: Permission denied

Solusinya adalah dengan memindahkan file installer XAMPP Linux yang berkestensi .run tersebut ke dalam "Document" yang berada di drive partisi dimana sistem Linux diinstal. Selanjutnya coba kembali menginstal Linux seperti biasa.

Sekian semoga bermanfaat. terima kasih telah berkunjung, jangan lupa tinggalkan jejak dengan ber komentar.


EmoticonEmoticon