Cara Menggunakan Restore Point (System Restore) Pada Windows 8.1

Cara Menggunakan Restore Point (System Restore) Pada Windows 8.1 | System Restore merupakan salah satu solusi pada saat Windows tiba-tiba hang atau menjadi bermasalah saaat digunakan, hal ini tentu saja sangat mengganggu dalam menyelesaikan tugas maupun pekerjaan. Oleh karena itu System Restore ini termasuk penting dalam hal proteksi system Windows.

Seperti pada artikel sebelumnya bahwa Kadang-kadang setelah meng-install atau meng-uninstall sebuah program ataupun setting pada driver dan sebagainya terjadi malfunction atau fungsi yang semestinya pada system Windows yang mengakibatkan terjadinya trouble dan system menjadi error, System Restore ini dapat mengatasinya dengan merestore (mengembalikan) setting dan juga Registry seperti pada saat System Restore dibuat.
Saya asumsikan disini bahwa windows kita masih bisa berjalan (belum mati total) meskipun System Restore juga bisa dilakukan via Recovery Mode.

Berikut langkah – langkah membuat restore point pada Windows 8.1 :
  1. Setelah Windows berhasil startup tekan logo Windows sekaligus tekan tombol “R” pada keyboard. Maka akan muncul jendela baru berjudul “Run”
  2. Pada jendela “Run” ketikkan “rstrui.exe” (tanpa tanda petik) lalu tekan enter. dan akan muncul jendela System Restore
  3. Pada jendela System Restore klik tombol Next di bawah setelah itu kita akan dibawa ke pilihan System Restore Point yang telah kita buat
  4. Masih pada pilihan System Restore Point tentukan Restore Point yang akan kita gunakan dengan cara meng-klik
  5. Setelah kita menentukan Restore Point yang akan digunakan kemudian tekan tombol Next di bawah dan kita akan dibawa menuju tampilan berikutnya
  6. Pada tampilan ini kita klik tombol Finish di bawah kemudian akan muncul popup window yang berisi konfirmasi 
  7. Pada window konfirmasi ini kita tekan tombol “Yes” dan System Restore akan berjalan.
  8. Tunggu hingga proses selesai dan Windows akan Restart secara otomatis
  9. Selesai, settingan Windows sudah kembali pada Restore Point yang telah kita buat sebelum Windows mengalami error.
windows restore point
Sebagai catatan : bahwa System Restore tidak sepenuhnya menjamin keberhasilannya, terkdang System Restore juga tidak berhasil merestore (mengembalikan) setting Windows. Hal ini terjadi karena beberapa hal salah satunya mungkin adanya virus yang selalu otomatis berjalan saat Windows Startup. Saran saya jika computer sudah sering mengalami trouble sebaiknya backup semua data – data penting anda dan install ulang dengan membuat beberapa Partisi pada Hardisk, agar nantinya data – data penting anda bisa disimpan di partisi selain Local Disk C:\  dan bila sewaktu waktu Windows anda  bermasalah data – data anda akan tetap aman.

Demikian artikel kali ini semoga bermanfaat. Sampai ketemu lagi di lain kesempatan dan terima kasih sudah berkunjung ke blog saya.


EmoticonEmoticon