Beberapa Benyebab Komputer Jadi Lambat

Beberapa Benyebab Komputer Jadi Lambat | Sebagai pengguna komputer tentunya kita harus mengenal sedikit atau banyak tentang komputer yang kita pakai, terlebih lagi jika kita menggunakan komputer tersebut untuk keperluan bisnis atau hal - hal penting lainnya. maka perwatan dan juga perbaikan yang sifatnya mendasar seharusnya bisa dilakukan sendiri oleh pemilik atau user komputer tersebut.

Salah satu hal yang dirasakan sangat menghambat pekerjaaan atau aktifitas seseorang yang berkaitan dengan komputer adalah karena komputer yang dipakainya tersebut sangatlah lambat, atau kurang responsif, yang menurut pengalaman saya memang sangat banyak sekali terjadi saat ini.

penyebab komputer menjadi lelet


Dalam kesempatan kali ini saya akan membahas tentang beberapa hal yang membuat komputer menjadi lambat dan bagaimana kita melakukan maintenance sederhana dan mengatasi hal tersebut, pada pembahasan ini saya khususkan pada komputer dengan sistem operasi Windows 7, 8 dan 8.1. baiklah berikut ini pembahasannya.

Beberapa faktor yang membuat komputer kurang responsif yaitu : 

1. Terlalu Banyak File Temp | Pada waktu menggunakan komputer, baik saat mejalankan program atau mengakses internet komputer kita akan selalu menyimpan file - file sementara (temporary files) yang biasanya ditempatkan pada folder Temp, sebenarnya file - file ini sangat berguna untuk meringankan kerja processor dan RAM dalam pengolahan data karena disana tersimpan cache ataupun setting akan suatu program yang tidak perlu diproses lagi ketika program tersebut dijalankan. Akan tetapi semakin banyak file tersebut maka akan semakin sulit juga komputer mengenali satu persatu dari filenya yang secara otomatis juga mengambil space pada penyimpanan hard disk. Untuk mengatasi hal tersebut kita bisa menghapus file yang berada pada folder Temp ini. Untuk menghapusnya kita bisa buka folder "C:\Users\Nama-User\AppData\Local\Temp" dan hapus semua dengan menekan tombol Ctrl+A kemudian Delete, Jika ada peringatan maka pilih Skip. kenapa kita pilih skip? karena file sementara yang masih diperlukan tentunya tidak akan dihapus.

2. Terlalu Banyak Fragmentasi File dalam Hard Disk | Fragmentasi yaitu pemecahan file. Biasanya terjadi saat kita mengcopy sebuah file yang berukuran agak besar atau saat kita menginstall sebuah program dimana peletakan file tersebut dalam hard disk berada di cluster yang berbeda, dan untuk mengatasinya kita bisa melakukan "Defragment Hard Disk" yaitu sebuah proses yang akan menjadikan file - file yang tersimpan dalam hard disk tidak akan terpecah - pecah peletakannya. Selengkapnya silahkan baca artikel Cara Melakukan Defragment Hard Disk

3. Terlalu Banyak Program yang Terinstall | Pada poin kali ini perlu diperhatikan, karena banyak sekali pengguna komputer yang mengabaikan hal ini dengan menginstall program program yang sebenarnya tidak ada kaitnnya dengan pekerjaan ataupun tugas yang sedang dikerjakan. Salah satu hal yang sangat marak terjadi yaitu pengguna menginstall program - program utilities yang terlalu berlebihan termasuk program yang berfungsi mempercepat kinerja komputer. jika digunakan dengan tepat program - program semacam itu memang dapat membantu kinerja komputer, akan tetapi jika penggunaannya terlalu berlebihan maka yang terjadi adalah komputer semakin lambat, hal ini dikarenakan program itu sendiri memerlukan proses tersendiri pada processor dan juga membutuhkan alokasi RAM, maka bila terjadi hal ini, kurangilah program - program yang sekiranya kurang diperlukan dengan meng-uninstall nya melalui Control Panel.

4. Spesifikasi Hardware Kurang Memadai | Pada saat membeli atau memesan komputer sebaiknya kita juga memperhatikan psesifikasi komputer yang akan kita beli, hal ini bisa dikaitkan dengan pekerjaan apa yang akan kita jalankan dengan komputer tersebut, karena jika komputer yang kita gunakan memiliki spesifikasi yang memang kurang memadai maka memang komputer tersebut akan berjalan lambat. jika memang kita terlanjur membelinya, kita bisa upgrade spesifikasinya dengan mengganti beberapa komponen yang sesuai untuk pekerjaan maupun tugas kita, namun untuk pengguna laptop atau tablet pc sebaiknya ditukarkan saja dengan spesifikasi yang memadai. dan sebaiknya jangan membongkar ataupun mengganti hardware laptop atau tablet pc tersebut karena spesifikasi tersebut sudah diperhitungkan secara matang dari pabrik pembuatnya.

5. Terdapat Virus atau Malware dalam Komputer | Hal ini mungkin terjadi saat kita memindahkan file dari komputer lain yang sudah terinfeksi oleh virus - virus tertentu, jenis - jenis virus itu pun bermacam macam dan biasanya sebuah virus akan otomatis jalan sendiri dan menginfeksi komputer kita bahkan pada saat kita tidak mengetahuinya, untuk mencegahnya silahkan rajin - rajin update antivirus anda, dan kabar baiknya pada Windows 7,8 dan 8.1 sudah terdapat sebuah antivirus bawaan yaitu Windows Defender. jadi kita tinggal mungupdatenya saja.

6. Kerusakan pada Salah Satu Komponen (Hardware) pada Komputer | Kerusakan yang biasanya menyebabkan kinerja komputer kita menjadi lamban adalah pada Hard Disk, karena bisa saja bad sector terdapat di dalamnya. jika lima langkah diatas sudah dilakukan dan komputer masih saja lambat maka bisa dipastikan terdapat bad sector pada hard disk dan sebaiknya segera backup semua data - data penting anda karena itu merupakan salah satu tanda bahwa hard disk kita sudah mulai melemah, bisa saja diperbaiki namun tidak akan bertahan lama. dan cara yang paling tepat untuk menhatasinya menurut saya adalah dengan mengganti hard disk tersebut dengan yang baru dan sekali lagi saya tekankan "backup dulu data anda...!!"

Itulah beberapa hal yang paling sering terjadi pada komputer menurut pengalaman saya yang dapat memperlambat kinerja komputer tersebut. saya berharap dengan artikel ini anda dapat sedikit mengetahui tentang komputer anda. Saran saya gunakanlah komputer dengan spesifikasi yang sesuai dengan profesi kita, jika memang perlu diupgrade silahkan pilih yang sesuai dan rajin rajinlah merawatnya, pilihlah software yang memang benar - benar kita butuhkan, dengan demikian komputer akan bisa berjalan secara maksimal sesuai dengan fungsinya.

Demikian artikel kali ini semoga bermanfaat. dan terima kasih atas kunjungannya ke blog sederhana ini.


EmoticonEmoticon