Cara Melakukan Defragment Hard Disk

Cara Melakukan Defragment Hard Disk | Keseimbangan dan juga kestabilan perfoma komputer kita memang sangat penting dalam menunjang segala aktifitas kita sehari - hari, terutama pagi para petugas administrasi dan juga bagi mereka yang menggeluti dunia multimedia. Dengan komputer yang bekerja normal dan baik kemungkinan keberhasilan bisnis menjadi semakin tinggi, namun jika komputer yang digunakan seringkali ngadat sudah barang tentu pekerjaan jadi terhambat dan akhirnya bisnis atau kegiatan yang berkaitan dengan komputer lainnya menjadi tidak sehat.

Dalam artikel sebelumnya sudah saya sebutkan bahwa salah satu penyebab komputer menjadi ngadat atau performanya menjadi lambat adalah karena terlalu banyaknya file dalam penyimpanan hard disk yang terpecah pecah, untuk mengatasinya kita akan lakukan defragment hard disk yang mana fitur ini berfungsi untuk menyatukan kembali suatu file yang bertempat di cluster berbeda di dalam hard disk.

Untuk melakukannya banyak aplikasi yang bisa digunakan, misal TuneUp Utilities dan lain - lainnya, akan tetapi pada artikel kali ini saya akan melakukannya dengan fasilitas bawaan windows yang sudah tersedia sejak windows terinstall di PC kita.

Defragment Hard Disk ini sebaiknya dilakukan jika memang tingkat fragmentasi dalam hard disk sudah mencapai lebih dari 10%, jika masih di kisaran 0-9% sebaiknya defragment ini jangan dilakukan terlebih dahulu, karena fitur ini sendiri mempunyai kelebihan dan juga kekurangan. Sedangkan untuk melakukannya usahakan sejarang mungkin kembali pada prosentase tingkat fragmetasi pada hard disk kita.

Berikut langkah - langkah yang dilakukan dalam melakukan Defragment Hard Disk.
  • Buka Windows Explorer atau File Explorer di Windows 8/8.1;
  • Pada drive yang terdapat dalam komputer kita biasanya C:\ atau D:\ ada juga yang sampai E:\ klik kanan pilih Properties;
  • Pada jendela yang baru saja terbuka, pilih Tools di tab atas kemudian pilih Optimize;
  • Pada tampilan berikutnya, pilih salah satu drive yang akan kita defragment, akan tetapi terlebih dahulu sebaiknya kita periksa tingkat fragmentasinya dengan klik Analyze.
  • Jika memang tingkat fragmentasi file nya lebih dari 10% silahkan lakukan defragment dengan menekan tombol Optimize.


cara defragment hard disk - hard disk defragment

Proses defragment mungkin akan memakan waktu lumayan lama, tergantung tingkat fragmentasi dan juga spesifikasi hardware komputer tersebut.

Saran saya sebaiknya lakukan defragment ini sekali dalam waktu sebulan, karena jika kita terlalu sering melakukannya malahan hard disk akan cepat melemah yang disebabkan terlalu sering bekerja berat, dan sebelu melakukannya usahakan untuk selalu menganalisanya terlebih dahulu, karena jika memang tidak diperlukan, defragment hard disk ini sebaiknya jangan dilakukan.

Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat bagi pembaca dan juga penulisnya, silahkan tinggalkan komentar jika ada yang perlu ditanyakan dan terima kasih atas kunjungannya.


EmoticonEmoticon