Cara Mengarahkan Blogger ke Domain Custom

Cara Mengarahkan Blogger ke Domain Custom | Bagi para blogger kawakan mungkin cara ini sudah sangat familiar, karena hanya membutuhkan beberapa langkah sederhana, hanya mengcopy dan paste beberapa angka dan teks saja, akan tetapi untuk para pemula mungkin belum terlalu bisa difahami dan diaplikasikan dengan benar, dan dampak akhirnya adalah frustasi dan menyerah.

Mengarahkan domain blogger ke domain kita sendiri merupakan yang sangat penting, disamping dapat meningkatkan rangking sebuah blog, menggunakan domain sendiri terasa lebih bangga dan yakin dengan apa yang kita mulai dengan blogging. Seperti pada artikel sebelumnya saya katakan saya akan share cara mengarahkan alamat blog kita domain yang telah kita miliki, baik yang dari kita beli atau domain gratis dari beberapa penyedia layanan domain gratis.

Pada artikel kali ini saya akan khususkan cara mengarahkan alamat blogger kita ke domain gratis yang telah kita buat di freenom, karena saya sendiri terkadang juga masih lupa bagaimana caranya maka saya tuliskan saja agar nanti saya juga bisa ingat terus hanya dengan membaca artikel saya kali ini.

Saya asumsikan sobat semua telah membuat sebuah domain gratisan di freenom.com atau sudah pernah membaca artikel saya sebelumnya. Namun jika sobat belum membaca artikel saya tentang cara membuat domain gratis di freenom silahkan sobat baca artikel Cara Mendapatkan Domain Gratis Update Terbaru  dan silahkan praktekkan sampai selesai.

Baiklah, sekarang kita langsung saja mulai prosesnya.

  • Pertama tama kita harus login dulu ke blogger kita plih pada blog yang akan kita arahkan ke custom domain dan pilih Setting >>Basic
  • Pada kolom Publishing kita akan melihat alamat blog kita saat ini yaitu subdomain blogspot, di sebelah bawah alamat blog kita klik + Setup a 3rd party URL for your blog kemudian masukkan domain yang sudah kita buat di freenom dengan format www.domainkita.xxx.
  • Setelah itu kita akan mendapatkan setting dari blogger berupa keterangan text yang muncul di sebelah bawah. perhatikan gambar berikut ini :

keterangan-dns-blogger

  • Setelah itu kita pindah dulu ke freenom dan tinggalkan tampilan blog kita seperti itu.
  • Di freenom kita login dulu dan lihat daftar domain yang sudah kita daftarkan pada menu Domain>>My Domains
  • Klik Manage Domain pada domain yang akan kita gunakan untuk mengganti alamat blog kita.
  • Selanjutnya kita setting DNS Recordnya dengan cara pilih Manage Freenom DNS, kita pilih custom DNS dan disana kita buat enam buah record DNS, empat diantaranya adalah DNS type A dan dua sisanya adalah DNS type CNAME.
  • Masukkan IP Blogger pada DNS A Record. berikut adalah IP blogger yang harus dimasukkan :
- 216.239.32.21
- 216.239.34.21
- 216.239.36.21
- 216.239.38.21
  • Pada dua CNAME Record DNS sisanya kita isikan kode unik dari blogger yang tadi kita dapatkan. atau silahkan samakan saja seperti gambar berikut ini :

setting-dns-freenom

  • Klik Save Changes.
  • Kembali ke blogger klik save pada tampilan blogger tadi dan settingan sudah berhasil.

Untuk memeriksa apakah setting kita berhasil, silahkan kunjungi domain yang telah kita setting dalam hal ini saya berhasil.
Jika ada kesulitan silahkan tuliskan saja pada kolom komentar agar nanti kita bisa belajar bersama bagaimana cara mengarahkan blog kita ke domain kita sendiri.
Sekian artikel kali ini semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya ke blog sederhana ini.


EmoticonEmoticon