Merubah Flashdisk Menjadi RAM Eksternal Windows

Flash drive atau yang lebih dikenal dengan Flash disk selain dapat digunakan untuk dapat menyimpan berbagai macam data ternyata juga bisa digunakan sebagai tambahan memory RAM pada Windows, selain dapat membantu kinerja memory, pada komputer tertentu yang memliki RAM kecil Flash disk ini dapat membantu performa RAM dengan menggunakan fitur Ready Boost. Fitur Ready Boost adalah sebuah fasilitas dimana pengguna komputer dimungkinkan untuk merubah free space pada flash disk menjadi memory RAM virtual yang berfungsi sama seperti layaknya RAM pada umumnya yaitu menyimpan dan memproses perintah dari processor dan menyampaikannya ke UI (User Interface) atau dalam bahasa Indonesia bisa disebut dengan Antarmuka Pengguna.

Mengaktifkan fitur Ready Boost pada flash disk ini bisa dilakukan pada flash disk kosong ataupun flash disk yang sudah terisi data, namun saya sarankan agar terlebih dahulu mem-backup semua data pada flash disk sebelum mengaktifkan fitur ini untuk menghidari hilangnya data - data penting pada flash disk jika nanti terjadi kesalahan.
Cara Merubah Flashdisk Menjadi RAM
Cara Merubah Flashdisk Menjadi RAM
Berikut ini langkah - langkah yang perlu dilakukan untuk merubah flash disk menjadi memory RAM virtual.

  • Pertama - tama silahkan buka Windows Explorer atau File Explorer dan temukan drive letter flash disk kita misal D:\, E:\ dan atau sejenisnya tergantung penataan partisi masing - masing.
  • Pada tab General pastikan file system flash disk kita adalah NTFS. jika ternyata file system nya FAT atau FAT32 selain NTFS silahkan format flash disk terlebih dahulu ke system NTFS dengan cara klik kanan pada partisi flash disk dan pilih Format, dan sesuaikan seperti gambar di bawah ini. sekali lagi jangan lupa backup data - data yang ada dalam flash disk terlebih dahulu.
format flash disk menjadi ntfs
Format flash disk menjadi ntfs
  • Setelah proses format selesai selanjutnya klik kanan lagi pada partisi flash disk dan pilih Properties.
  • Masuk pada tab ReadyBoost dan pilih Use this device.
  • Sesuaikan alokasi MByte dari flash disk yang akan kita gunakan dengan cara menggeser slider ke kanan atau kiri. namun sebaiknya gunakan saja maksimum MByte yang tersedia pada flash disk. seperti gambar berikut ini :
sesuaikan setting ready boost
Sesuaikan setting ready boost
  • Klik Appy kemudian OK dan flash disk kita sekarang sudah menjadi memory RAM virtual yang akan membantu kinerja RAM yang sesungguhnya.
Untuk mematikan fitur ini kita bisa mengulangi langkah di atas yaitu klik kanan pada partisi flash disk, pilih Properties, masuk ke tab ReadyBoost, pilih Do not use this device dan klik OK.

Menggunakan memory RAM virtual ini tidak serta merta menggantikan fungsi RAM asli pada komputer namun memory RAM virtual ini disediakan hanya apabila kapasitas RAM asli sudah tidak mencukupi lagi, dengan kata lain RAM asli tetap berfungsi dan RAM virtual sebagai tambahan saja.


EmoticonEmoticon