Cara Membuat Halaman Daftar Isi Otomatis di Blogger

Halaman daftar isi pada sebuah blog merupakan bagian yang sangat penting dan tidak dapat dipisahkan dari blog itu sendiri, karena selain mempermudah para pengunjung blog untuk dapat mencari artikel yang mereka inginkan halaman daftar isi merupakan salah satu ciri dari sebuah blog yang masih ter-urus dan terus update.

Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan Cara Membuat Halaman Daftar Isi Otomatis di Blogger dimana kita dimungkin untuk dapat menampilkan tautan dari seluruh artikel yang ada di blog kita. cara membuat halaman daftar isi (sitemap) di blogger kali ini tergolong mudah dan juga tidak mempengaruhi performa blog kita jadi kita tidak perlu khawatir jika blog kita akan kurang responsive jika dipasangkan halaman daftar isi otomatis ini. halaman daftar isi yang akan kita buat kali ini bisa kita terapkan dimanapun, bisa di halaman statis blog atau di pasang pada posting. Sebagai contoh silahkan buka halaman daftar isi pada blog ini yang menggunakan cara yang sama seperti yang akan kita bahas nanti.
cara membuat halaman daftar isi otomatis di blogger
Cara membuat halaman daftar isi otomatis di blogger
Untuk dapat membuat halaman daftar isi otomatis di blogger mari kita simak beberapa langkah mudah berikut ini :
  • Silahkan login ke Dashboard blogger masing - masing;
  • Jika ingin menempatkan halaman daftar isi ini di halaman statis maka silahkan pilih menu Pages >>New Page kemudian isikan judul halaman misalkan Sitemap atau bisa Daftar Isi;
  • Ganti mode penulisan dari mode Compose ke mode HTML kemudian isikan kode di bawah ini :
<script src="http://yourjavascript.com/10112315076/auto-sitemap.js" type="text/javascript"></script><script src="http://multiclipmedia.blogspot.com/feeds/posts/default?max-results=9999&amp;alt=json-in-script&amp;callback=loadtoc"></script>

  • Tulisan berwarna merah silahkan diganti dengan alamat blog masing masing;
  • Silahkan lengkapi keterangan pada bagian Search Description jika aktif, dan sesuaikan pengaturan pada menu Options. setelah itu klik Publish.
Setelah semua proses selesai sekarang saatnya kita test halaman daftar isi otomatis yang baru saja kita buat dan selamat! kita sudah memiliki halaman daftar isi otomatis yang secara otomatis akan melakukan update saat kita menambahkan posting baru di blog kita.

Kelebihan menggunakan script di atas adalah proses loading yang sangat ringan sehingga akan selalu dapat diakses mekipun dengan koneksi yang kurang kencang seklaipun, jadi tidak akan sedikitpun mempengaruhi performa blog saat ditampilkan di browser. dan setiap posting baru akan secara langsung diberikan label New! pada link artikel tersebut.

Sekian kali ini tentang Cara Membuat Halaman Daftar Isi Otomatis di Blogger selamat mencoba dan semoga berhasil.


EmoticonEmoticon