Mengenal Paste Special Pada Excel

Saat melakukan pengeditan dokumen seringkali kita menggunakan fasilitas Copy dan Paste dalam MS Excel, namun adakalanya kita menemukan data yang kita paste tidak sesuai dengan yang kita inginkan. hal ini antara dikarenakan sumber data yang kita copy memiliki format atau setting berbeda dengan lokasi dimana kita melakukan paste. terkadang kita menemukan jenis huruf berbeda atau bahkan sampai jenis border dan juga formatnya berbeda.

Sebenarnya ada fasilitas tersendiri untuk melakukan Copy dan Paste pada Excel, dengan fasilitas ini kita bisa melakukan Copy dan Paste sesuai seperti apa yang kita inginkan. Fasilitas tersebut dinamakan Paste Special. Dengan Paste Special ini kita bisa melakukan paste pada cell tertentu dengan kriteria yang berbeda. Berikut ini pembahasan tentang Paste Special pada MS Office Excel.
Mengenal Paste Special Pada Excel
Mengenal Paste Special Pada Excel
Saat melakukan Paste kebanyakan pengguna menggunakan tombol keyboard yaitu "Ctrl + V" saja. akan tetapi untuk menggunakan fasilitas Paste Special ini kita harus menggunakan Klik Kanan dan pilih Paste Special. maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini.
Dialog Paste Special Excel
Dialog Paste Special Excel
Berikut ini penjelasan macam - macam Paste Special pada MS Office Excel.

Paste Link

Paste link ini bisa dikatakan memang special, karena dengan menggunakan Paste Link kita bisa menghubungkan satu cell dengan yang lainnya secara langsung, dan jika cell asal mengalami perubahan data maka cell tujuan dimana paste dilakukan akan otomatis menyesuaikan dengan data pada cell asal.

Paste All

Fungsi paste ini sama dengan menggunakan tombol Ctrl + V karena menggunakan paste ini kita akan menempelkan semua properti dari sumber yang kita copy termasuk formatting, number atau bahkan formula.

Paste Formulas

Fungsi paste ini adalah untuk menggandakan atau menduplikasikan formula dari sumber yang kita copy, jadi dengan paste formulas ini kita hanya akan mem paste atau menepelkan formula nya saja.

Paste Values

Fungsi paste ini adalah untuk menduplikasikan Value atau isi yang terlihat dari cell tertentu yang kita copy meskipun data yang terdapat pada cell asal merupakan hasil penjumlahan atau pengurangan dan sebagainya Paste Values ini hanya akan menempelkan data yang ditampilkan saja. Format dan juga formula jika ada akan mengikuti Cell tujuan.

Paste Formats

Fungsi paste ini adalah untuk menggandakan format dari cell tertentu jadi dengan menggunakan Paste Formats ini kita bisa melakukan Paste akan tetapi hanya pada format nya saja. Format ini meliputi Number Formats, Border, Jenis Fonts, dan Warna (Fill) saja.

Paste Comments

Fungsi paste comments ini hanya sebatas menggandakan comment apabila pada cell tertentu kita pasangkan suatu comment, jadi selain comment tidak akan dipaste jika menggunakan Paste Comments ini.

Paste Validations

Menggunakan paste validation ini hanya bisa dilakukan apabila kita sudah melakukan validasi terhadap suatu data tertentu, dan jika belum pernah melakukan validasi terhadap data maka Paste Validations ini tidak akan berpengaruh apa - apa terhadap cell.

Paste All using Source theme

Fungsi paste ini hampir sama seperti fungsi pada Paste All, dimana semua data termasuk format dan juga formula akan dipaste pada cell tujuan. Perbedaannya adalah jika menggunakan Paste All using Source theme semua yang ada pada cell asal atau cell yang dicopy akan terbawa ke cell bahkan sheet atau dokumen tujuan.

Paste All except borders

Sama seperti namanya, fungsi paste ini adalah mengcopy semua data yang ada termasuk number atau text bahkan formula namun border atau garis pada cell tidak akan dipaste ke cell tujuan. dengan kata lain paste ini akan menggandakan semua kecuali pengaturan garis border pada cell asal.

Paste Column Widths

Menggunakan Paste Column Widths ini hanya akan menggandakan pengaturan lebar dari sebuah kolom pada dokumen Excel, dalam artian semua data dan juga formatting akan diabaikan dan tidak ditempatkan pada sheet, cell atau bahkan dokumen tujuan.

Paste Formulas and Number Formats

Seperti halnya paste yang lain, menggunakan paste formulas and number formats hanya akan menggandakan hal tertentu saja yaitu Formula dan Format Number pada dokumen atau cell asal dan hanya itu saja, selebihnya akan diabaikan.

Paste Values and Number Format

Fungsi paste Values and Number Format ini hanya untuk menggandakan data dan format suatu cell, jadi dengan menggunakan fasilitas ini kita hanya akan menggandakan isi dan juga format dari cell asal.

Itulah tadi beberapa fungsi Paste Special yang tersedia dalam MS Office Excel sebenarnya masih ada fungsi lain dalam Paste Special ini yaitu Operation, akan tetapi akan saya bahas pada artikel berikutnya. Sekian dari saya selamat mencoba dan terima kasih.


EmoticonEmoticon