Cara Memasang Google Site Verification di Blog


Memasang Google Site Verification merupakan hal yang sangat penting dalam dunia blogging atau sejenisnya, karena dengan menggunakan cara ini kita bisa meningkatkan SEO di blog yang sedang kita kelola. Namun sebelum kita membahas lebih jauh tentang cara memasang Google Site Verification di blog /Blogger terlebih dahulu mari kita ketahui apa itu Google Site Verification.

Google Site Verification adalah sarana yang dapat kita gunakan untuk mem-verifikasi kepemilikan blog atau website, dengan Google Site Verification ini kamu bisa meyakinkan pihak Google bahwa website atau blog yang sedang kamu garap adalah benar - benar milik kamu. atau dengan kata lain dengan Google Site Verification ini website yang kamu kelola bisa menjadi website atau blog yang terpercaya.
Cara memasang Google Site Verification Code
Cara memasang Google Site Verification
Untuk dapat memasang Google Site Verification ini kamu bisa menggunakan beberapa cara antara lain dengan menggunakan HTML Tag atau menggunakan File HTML tersendiri yang nanti dapat diupload ke hosting waebsite atau blog kamu. nah khusus untuk kali ini saya akan membahas cara menggunakan Google Site Verification ini menggunakan HTML Tag yang berupa <meta>.

Langsung saja berikut ini cara memasang Google Site Verification dengan menggunakan tag <meta>.
  • Masuk ke Google Search Console /Google Webmaster Tool. atau silahkan gunakan tautan ini Google Search Console
  • Jika belum login, silahkan gunakan akun google yang sama dengan yang kamu gunakan untuk akun Blogger jika kamu pengguna Blogger.
  • Jika ternyata blog atau website kamu belum terdaftar di Google Search Console silahkan baca artikel Cara Mendaftarkan Blog di Google Search Console terlebih dahulu sebelum melanjutkan. Jika blog atau website kamu suah terdaftar di Google Search Console, kamu bisa lanjut ke langkah berikutnya.
  • Silahkan pilih blog /website yang akan kamu pasang Google Site Verification dengan cara klik nama website.
Pilih Website /Blog
Pilih Website /Blog

  • Selanjutnya klik ikon "Gear" pada sudut kanan atas halam dan pilih "Users and Property Owners" Selanjutnya silahkan pilih link "Manage property owners"
  • Pilih "Verify using a different method" pada halaman berikutnya dan akan muncul pilihan metode penerapan Google Site Verification Code. 
  • Copy tag <meta> yang disediakan dan pasangkan di blog atau website.
  • Untuk pengguna Blogger silahkan login ke akun Blogger, pilih menu Template dan pilih Edit HTML.
  • Selanjutnya letakkan kode <meta> tersebut setelah tag <head> dan sebelum tag </head> yang artinya kamu harus tempatkan tag tersebut di bagian head dari blog kamu, kemudian klik Save template.
  • Kembali lagi ke Search Console, klik tombol Verify di bagian bawah halaman. dan jika kamu menempatkan tag <meta> tadi dengan benar maka tampilannya kurang lebih akan seperti gambar di bawah ini.
Verifikasi berhasil
Verifikasi berhasil
  • Selesai
Sebenarnya masih ada lagi cara memasang Google Site Verification Code ini di website /blog namun cara ini menurut saya cara termudah untuk memasang Google Site Verificaton.

Jika masih belum paham dengan pembahasan di atas atau jika kamu mendapati error silahkan tanyakan saja di komentar. demikian kali ini selamat mencoba dan semoga berhasil.

1 comments

Mantaapppp, makasihhh infonya
Mampir jugak di blog aqu ya gannn 🙏

Linknya ada di bawah ini:
👇👇👇👇👇
Https://artikelsaku.blogspot.com


EmoticonEmoticon