Cara Menampilkan Menu DEVELOPER Pada MS Excel 2013

Cara Menampilkan Menu DEVELOPER Pada MS Excel 2013 | Microsoft office Excel merupakan salah satu program /software produksi microsoft yang saat ini masih digunakan oleh 80% lebih pengguna komputer di dunia. Namun semua pengguna tersebut belum semuanya mengetahui dan menguasai bagaimana seharusnya MS Excel dapat memudahkan pekerjaan mereka salah satunya yaitu menggunakan menu DEVELOPER yang tersedia pada MS Excel Versi 2013.

Dalam keseharian saya, saya sering mendapatkan pertanyaan dari teman - teman di sekitar saya, mengenai bagaimana cara menampilkan menu ini pada MS Excel 2013 mereka, namun terkadang saking banyaknya saya harus mengulangi terus untuk menjelaskan kepada masing masing dari mereka, maka akhirnya saya tuliskan saja di blog agar lebih mudah dibaca dan bisa diakseskapan saja di mana saja.

Secara default, menu developer memang tidak muncul pada tampilan menu MS Excel 2013, padahal fungsi dari menu ini sangat penting, mungkin menurut Pembuat software ini menu developer memang diperuntukkan hanya untuk para developer saja, akan tetapi menurut saya bukan seperti itu, menu Developer dapat digunakan oleh pengguna biasa, mungkin bisa saja digunakan untuk membuat suatu macro sederhana agar proses tertentu tidak perlu diulang terus menerus.

Berikut ini adalah cara memunculkan menu DEVELOPER pada MS Excel 2013.
  • Buka MS Excel anda (saya asumsikan disini anda sudah bisa mengoperasikan MS Excel untuk tingkat dasar)
  • Klik kanan pada menu atau ribbon bagian atas yang berisi "HOME", "INSERT" dan sebagainya dan pilih "Customize the Ribbon..." maka akan muncul jendela baru.
menapilkan menu developer pada excel 2013

  • Pada jendela ini kita akan menemui beberapa menu yang berada di sebelah kiri dan sebelah kanan, pilih pada menu sebelah kanan yang belum tercentang yaitu pada item checkbox Developer dan centang menu tersebut.
  • Setelah itu klik OK dan menu DEVELOPER pun sudah tampil pada menu utama MS Excel 2013 anda.
Sebagian besar dari kita mungkin juga bertanya - tanya apa sih fungsinya, yang jelas banyak sekali fungsi yang bisa dujalankan dengan menu developer ini, terutama jika kita menghendaki pengeditan dokumen spread sheet secara otomatis tanpa perlu membutuhkan banyak waktu dalam membuatnya. seperti VB Project, Merekam Makro, Menambahkan Add-Ins baru atau pembuatan referensi data untuk dokumen tertentu.

Demikian artikel singkat dari saya, semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon