Cara Mengcopy Lembar Kerja (Sheet) Excel 2013

Cara Mengcopy Lembar Kerja (Sheet) Excel 2013 | Pada dasarnya MS Office excel menyediakan beberapa sheet secara default dalam dokumen axcel kita, namun apabila kita membutuhkan lebih dari yang disediakan secara default oleh excel kita bisa menggandakan atau mengcopy beberapa sheet yang kita butuhkan agar semua sheet tersebut berada dalam satu buah file excel.

Ini bertujuan agar mempermudah kita dalam pengorganisasian file, bayangkan anda punya laporan 12 bulan dan anda membuatya jadi 12 file, saya rasa hal itu sangat tidak efisien dan terkadang malah membuat kita menjadi bingung akan penempatan file tersebut. tetapi jangan hawatir. karena lembar kerja atau sheet dalam MS Office Excel bisa digandakan jadi berapapun yang kita butuhkan.

Sebagai contoh saya punya data yang di dalamnya tersimpan transaksi bulanan dimana setiap satu sheet berisi laporan transaksi perusahaan selama satu bulan, jadi yang kita butuhkan adalah 12 sheet yaitu bulan Januari s/d Desember. bisa juga ditambahkan sheet untuk rekapitulasinya sehingga katakanlah kita disini akan membuat 13 sheet dalam 1 dokumen.

Berikut Caranya :

  • Buka dokumen excel
  • Setelah itu klik kanan pada salah satu sheet yang ada. lalu pilih Move or Copy. kita juga bisa mengcopy beberapa sheet sekaligus dengan cara tekan tombol Ctrl pada keyboard, pilih sheet mana saja yang diinginkan, baru kemudian klik kanan pilih Move or Copy.
cara copy lembar kerja - copy worksheet
  • Selanjutnya akan muncul konfirmasi dimana kita akan menempatkan sheet yang kita copy tersebut. pilih pada salah satu sheet yang akan kita sisipi dengan copian tadi atau kita pilih Move to end untuk menempatkan copian tersebut di urutan terakhir
  • Selanjutnya centang pada checkbox Create a copy dan klik OK. Perhatikan gambar berikut :

cara copy worksheet excel - locate worksheet 1


Kita juga bisa memindahkan sheet tersebut dari dokumen yang lain, misalnya kita terlanjur membuat dokumen tersebut dalam file yang berbeda. caranya hampir sama, perbedaannya hanya pada langkah 3 dimana kita ditanya di mana sheet tersebut akan kita copy. Perhatikan gambar berikut :

cara copy worksheet excel - locate worksheet 2

Untuk merubah nama sheet tersebut, kita bisa langsung double klik dan merubah namanya atau kita bisa klik kanan dan pilih rename.

Demikian sekilas untuk mnduplikasikan lembar kerja MS Office excel 2013, semoga bisa memberikan manfaat bagi kita semua, jika ada yang perlu ditanyakan silahkan tuliskan di kolom komentar atau silahkan hubungi kami pada halaman Contact

Terima kasih atas kunjungannya dan Wassalam.


1 comments

min ini kan cara klo pakai mouse, ane mau tau yg tanpa mausenya dong.


EmoticonEmoticon