Memberikan Password Pada Lembar Kerja (Worksheet) Excel

Memberikan Password Pada Lembar Kerja (Worksheet) | Cara memberikan password ini sangat mudah dan bukan itu saja, manfaatnyapun sangat besar, adakalanya kita ingin mengirimkan sebuah dokumen yang kita buat namun kita tidak ingin isi dari dokumen tersebut dimodifikasi atau dirubah baik isinya mudelnya maupun settingnya, namun MS Excel merupakan data yang bisa dimodifikasi oleh setiap penggunanya, untuk mengatasi hal ini kita bisa memberikan sedikit pengamanan pada work sheet yang memang seharusnya tidak boleh mengalami perubahan yaitu dengan memberikan password pada worksheet yang kita inginkan tadi.

Suatu contoh saya ingin mengirimkan sebuah data kepada suatu perusahaan, untuk menjaga data tersebut agar tetap valid maka yang saya lakukan adalah mengamankannya dengan password.

Berikut ini beberapa langkahnya :

  • Buka dokumen yang akan diberi password.
  • Pilih pada salah satu sheet yang akan diberi password.
  • Klik kanan pada sheet tersebut dan pilih Protect Sheet.
  • Setelah itu akan muncul dialog permintaan password untuk membuka sheet tersebut kembali nantinya sheet.
Memberikan Password Pada Lembar Kerja Excel

  • Pada keterangan Allow all users.... sebaiknya biarkan default saja, atau jika kita ingin keamanan lebih kita bisa aktifkan semua checkboxnya.
  • Klik OK dan masukkan kembali password yang anda gunakan tadi.
Memberikan Password Pada Lembar Kerja Excel

  • Selesai, dokumen anda sekarang aman dari perubahan ataupun modifikasi lainnya.


Menjaga kepribadian dan keaslian dokumen sangatlah penting, salah satunya untuk menjaga identitas perusahaan ataupun segala sesuatu yang berkaitan dengan keuangan, bukannya tidak punya kepercayaan, namun alangkah lebih baik jika mencegah terjadinya hal - hal yang tidak diinginkan, yang bisa merugikan semua pihak manapun.

Demikian artikel kali ini, jika masih ada pertanyaan silahkan tinggalkan saja di kolom komentar yang tersedia. semoga artikel ini bisa memberikan manfaat bagi pembaca maupun penulisnya dan terima kasih atas kunjungannya.



EmoticonEmoticon