Cara Menyimpan File Excel Menjadi PDF | Salah satu produk paling sukses milik Microsoft yaitu Microsoft Office, yang sampai saat ini sudah digunakan hampir oleh semua pengguna PC di dunia. Software ini pun mengalami banyak sekali mengalami perkembangan dan penyempurnaan, hingga versi terakhir saat ini yaitu Microsoft Office 2013.
Dalam kesempatan ini saya akan mencoba menunjukkan bagaimana cara menyimpan dokumen spreadsheet MS Excel 2013 ke dokumen dalam bentuk PDF. Salah satu alasan mengapa file MS Excel disimpan dalam bentuk PDF yaitu agar content atau isi dari dokumen tersebut tidak bisa dirubah dan agar tidak berubah baik format maupun data di dalamnya. Satu contoh : saya ingin mengirimkan sebuah data dari spreadsheet yang saya buat, akan tetapi saya tidak mau dokumen saya tersebut dirubah isinya oleh sang penerima, maka salah satu caranya adalah dengan menyimpan dokumen tersebut ke dalam bentuk PDF.
Mari kita simak bagaimana langkah – langkahnya.
- Kita siapkan dulu dokumen yang akan kita simpan
- Jika sudah mempunyai sebuah dokumen spreadsheet, buka dokumen tersebut
- Klik menul FILE pada pojok kanan atas MS Excel 2013 dan Pilih Save As
- Di sebelah kanan Save As pilih Computer kemudian pilih Browse di bawah perhatikan gambar berikut!
- Setelah muncul jendela baru tentukan dimana kita akan menyimpan dan ketikkan nama untuk dokumen tersebut
- Di bawah textbox File Name klik menu dropdown Save as type dan pilih PDF(.*pdf)
- Setelah kita pilih jenis file, pada bagian bawah jendela tersebut berisi keterangan file yang akan kita simpan.
Keterangan :
Author : Pengarang
Tag : Label untuk
dokumen
Optimize For :
Kualitas dan ukuran file pdf yang akan dibuat “Standart : kualitas tinggi namun
ukuran file agak besar”,”Minimun Size : ukuran file relative kecil namun
kualitasnya agak rendah”
- Setelah itu klik save, dan selesai. Dokumen MS Excel yang kita buat sudah menjadi file berekstensi .*pdf
Sekian dari saya semoga bermanfaat. Jangan lupa tinggalkan komentar.
EmoticonEmoticon