Cara Mengaktifkan Net Framework 3.5 di Windows 8.1

Cara Mengaktifkan Net Framework 3.5 di Windowsn 8.1 | Sistem Operasi Windows 8 dan Windows 8.1 merupakan generasi terbaru yang dirilis oleh Microsoft, selain tampil dengan tampilan yang sepenuhnya berbeda dari versi sebelumnya, Windows 8.1 ini juga lebih ringan saat digunakan, tidak seperti versi sebelumnya yaitu Windows 7. Windows 8 ini lebih mengutamakan performa dibanding mempercantik tampilan, salah satu yang ditawarkan dalam WIndows 8.1 ini adalah tampilan Metro yang relatif ringan dan responsive.

Namun bagi pengguna baru mungkin akan sedikit kebingungan saat akan menjalankan program yang menggunakan Net Framework versi 3.5 ke bawah. karena secara default fasilitas tersebut belum diaktifkan di Windows 8.1 ini, meskipun sebenarnya Net Framework 3.5 sudah termasuk dalam paket setup Windows 8.1. hal ini terjadi biasanya saat pengguna ingin menjalankan software Compatibility atau software - software lama yang dirilis sebelum adanya Windows 8.1. sehingga program - program tersebut tidak akan bisa berjalan sama sekali. 

Meskipun saat menjalankan program Compatibility Windows 8.1 akan menawarkan kepada pengguna untuk menginstall Net Framework ini secara online dan otomatis, pada kenyataannya menurut pengalaman saya cara ini tidak akan bisa berhasil, sehingga selalu muncul tampilan seperti gambar di bawah ini secara terus menerun namun tidak menunjukkan progress.
cara install net framework 3.5 di windows 8.1

Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang bagaimana caranya menginstall dan mengaktifkan Net Framework 3.5 pada Windows 8.1 dan cara yang akan saya bahas nanti bisa juga diterapkan pada Windows 8.

Untuk dapat megaktifkan Net Framework 3.5 di Windows 8.1 bahan yang kita gunakan adalah File ISO atau yang sudah di burning ke DVD untuk mengambil file yang nanti akan diperlukan dalam proses pengaktifan, tergantung dari arsitektur sistem yang digunakan, jika kita menggunakan Windows 8.1 (x86) maka kita membutuhkan DVD Setup Windows 8.1 (x86) begitu juga jika kita menggunakan Windows 8.1 (x64)

Setelah bahan tersedia mari kita simak proses berikut ini :

  • Buka Command Prompt (CMD) Run As Administrator
  • Pada Command Prompt ketikkan perintah berikut ini:
dism.exe /online /enable-feature /featurename:netfx3 /all /source:E:\sources\sxs /limitaccess
Keterangan : 
"E:\" adalah drive dimana DVD setup berada dan ini tergantung pada partisi hard disk masing - masing
  • Tekan "Enter" dan tunggu prosesnya berjalan
  • Jika berhasil maka Command Prompt akan menapilkan kode "successfully"
  • Setelah itu mari kita periksa apakah Net Framework 3.5 ini sudah berhasil diaktifkan dengan cara :
  1. Buka Control Panel
  2. Pilih Programs dan klik pada link "Turn Windows features on or off"
  3. Setelah itu akan tampil jendela baru seperti berikut ini :

cara install net framework 3.5 di windows 8.1

Tampilan di atas menandakan bahwa fitur Net Framework 3.5 sudah berhasil terinstall dan terkatifasi

Setelah itu coba kita jalankan program - program lama yang sebelum Net Framework 3.5 ini aktif tidak bisa dijalankan dan selamat program - program lama (Compatibility) kita bisa kembali dijalankan di Windows 8.1.

Demikian cara menginstall dan mengaktifkan fitur Net Framework 3.5 di Windows 8.1. jika masih menemui kesulitan untuk melakukannya jangan ragu untuk menyampaikan pertanyaan melalui komentar, sekian semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

1 comments


EmoticonEmoticon