Tips Memilih Niche Blog Dengan Baik

TIPS MEMILIH NICHE BLOG DENGAN BAIK | Blogging merupakan salah satu kegiatan yang dapat kita lakukan misalkan pada saat kita ingin mengisi waktu - waktu luang yang kita miliki, selain itu tujuan utama kita membuat suatu blog merupakan hal yang paling menentukan seberapa serius kita akan menekuni blog yang sedang kita kembangkan tersebut. Salah satu hal yang dapat menunjang dan mendukung adanya tujuan kita membuat blog adalah dengan menentukan tema atau niche dari blog kita, bisa saja kita membahas semua yang kita tahu di dalam satu blog, akan tetapi hal ini pasti akan berpengaruh pada (traffic) lalu - lintas blog kita nantinya.

Selain itu penentuan niche blog yang benar akan membuat pengunjung blog kita menjadi percaya akan kualitas blog yang sedang kita kembangkan sehingga tidak menutup kemingkinan mereka (para pengunjung) akan langsung menuju blog kita saat mereka membutuhkan beberapa informasi yang berkaitan dengan tema blog kita.
tips memilih nche blog

Dalam kesempatan yang baik ini saya akan membahas tentang bagaimana menentukan niche atau tema pembahasan dalam blog kita yang berdasarkan pengalaman saya pribadi memang sangat penting keberadaannya agar nanti kualitas blog kita tetap terjaga dan tidak terjadi pengembangan pembahasan dalam blog yang berkesan ngelantur dan tidak terarah.

Beberapa hal yang bisa kita pertimbangkan dalam menentukan niche blog kita antara lain.

  • Ketahui kemampuan kita

Kenapa saya katakan bahwa kemampuan atau pengetahuan sangat penting? karena pembahasan yang nanti akan kita sampaikan dalam blog kita baiknya berdasarkan apa yang kita ketahui secara mendalam, agar kesan blog tidak pasaran dan akan bisa memiliki artikel - artikel unik yang nanti bisa kita hasilkan dengan pemikiran kita sendiri dan tidak terikat pada artikel - artikel yang ada di blog - blog lainnya.

Banyak sekali contoh blog yang baik yang entah kenapa artikel - artikel yang muncul dari pemikiran seorang blogger sendiri akan lebih mudah difahami dan nyaman untuk dibaca, meskipun artikel - artikel tersebut sebenarnya bersifat general namun jika dikemas dalam pembahasan yang timbul dari pemikiran khusus akan menjadikan pembahasan menjadi lebh menjurus dan terarah.

  • Sebarapa banyak niche kita muncul di pencarian Google

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa mesin pencari merupakan hal yang sangat menunjang keberhasilan blog kita, maka alangkah lebih baik jika kita mencari tahu dulu kira - kira niche apa yang paling dicari di mesin pencari tanpa mengesampingkan item pertama tadi.

  • Tentukan kata kunci yang tepat

Masih berhubungan dengan item kedua, bahwa kata kunci pencarian di mesin pencari adalah kunci bagaimana calon pengunjung akan menemukan blog kita. Untuk melakukannya kita bisa menggunakan beberapa fasilitas yang sudah disediakan Google antara lain : Google Keyword Planner, Google Keyword Tool, Google Trends. dengan beberapa fasilitas tersebut kita bisa melakukan riset keyword yang tepat untuk nantinya kita terapkan dalam pembuatan artikel - artikel di blog kita, dengan demikian kita bisa lebih memperkuat hasil pencarian di mesin pencari apabila si calon pengunjung mengetikkan kata di mesin pencari.

  • Ketahui jumlah persaingan niche blog kita

Setelah kita mengetahui dan mendapatkan kata kunci yang tepat untuk blog kita, maka hal selanjutnya yang bisa kita pertimbangkan adalah mengetahui seberapa besar persaingan niche atau kata kunci blog kita. namun tidak perlu khawatir karena selama kita menghadirkan kata kunci yang tidak terlalu panjang lebar maka pencarian oleh mesin pencari akan lebih akurat terhadap kata kunci yang kita pilih. akan tetapi mungkin akan lebih baik jika kita mengetahui terlebih dahulu sebarapa besar kemungkinan kata kunci (keyword) blog kita akan muncul dalam pencarian.

  • Bertindak seolah - olah kita adalah calon pengunjung

Kenapa hal ini penting? karena kebanyakan blog yang diabaikan mesin pencari adalah blog yang menggunakan kata kunci yang tidak sesuai dengan apa yang calon pengunjung inginkan. untuk itu kita bisa bertidak sebagai pengunjung dan perkirakan jika pengunjung menghendaki untuk mencari artikel yang sesuai dengan niche blog kita kira - kira kata apa yang akan mereka ketikkan di mesin pencari.

Kita bisa saja menggunakan Google untuk melakukannya misalkan kita mentargetkan pengunjung dari negara Indonesia maka kita bisa membuka google .co.id kemudian mencari kata yang diperkirakan akan diketikkan oleh calon pengunjung.

Jika kita sudah mengetahui sepenuhnya tujuan dan juga inti dari blog yang akan kita buat maka selanjut silahkan mulai buat blog kita dan gunakan kata kunci yang sudah kita tentukan, dan tentu saja artikel - artikel yang akan kita sampaikan di blog harus berkualitas dan tidak membuat pengunjung malah kebingungan dan cenderung akan mengabaikan pembahasan dalam blog kita.

Demikian yang mungkin bisa dijadikan sedikit referensi, mungkin masih belum lengkap namun beberapa hal diatas boleh juga jadi pertimbangan saat kita membuat blog, jadi jangan ragu untuk selalu berkarya dan selamat mencoba.