Menggunakan Ribbon Pada MS Excel 2013

Menggunakan Ribbon Pada MS Excel 2013Ribbon adalah salah satu fasilitas MS Excel 2013 yang bisa dikatakan baru, karena pada versi sebelumnya Ribbon ini belum disempurnakan sedemikian rupa. Ribbon sendiri adalah sub menu dalam Excel yaitu merupakan bagian dari menu utama yang terdapat pada bagian atas tampilan program.

Seperti pada program dalam satu paket Microsoft Office lainnya, Ribbon yang terdapat dalam excel ini mempunyai fitur dinamis, dengan kata lain Ribbon ini akan menyesuaikan ukurannya dengan window atau resolusi pada computer kita. Beberapa tombol dalam Ribbon ini akan otomatis diringkas apabila resolusi layar kita tidak muat utuk menampilkan seluruh item Ribbon yang ada.

Sebagai contoh disini saya memliki dua buah computer, salah satu computer tersebut menggunakan resolusi tampilan yang rendah misalkan 800x600 maka item item dalam Ribbon akan otomatis disesuaikan dengan ukuran resolusi yang kita miliki.
menggunakan menu ribbon pada excel 2013

Beberapa faktor yang mempengaruhi tampilan Ribbon antara lain sebagai berikut :

  • Lebar window

Ketika kita mengubah ukuran window baik itu saat memaximize atau merestore down maka secara otomatis juga ukuran dan juga penataan icon pada Ribbon akan disesuaikan.

  • Ukuran resolusi layar

Sebagaimana saya sebutkan di atas bahwa Ribbon pada Excel 2013 ini dapat menyesuaikan penataannya dengan resolusi tampilan kita, jika layar monitor kita besar misal 1366x768 maka icon akan ditampilkan sepenuhnya pada Ribbon, namun jika kurang dari itu misal 800x600 maka beberapa penyesuaian akan dilakukan secara otomatis oleh Excel seperti megelompokkan kategori icon tertentu berdasarkan fungsinya.

  • Ukuran Zoom pada setting display Windows

Pada Windows 7 dan Windows 8 fitur zoom ini ada pada menu Costumize di Control Panel. Jika kita menggunakan zoom besar maka otomatis tampilan layar akan menjadi seperti ber resolusi rendah, namun jika kita menggunakan zoom kecil maka tampilan akan menjadi seperti ber resolusi tinggi. Hal ini tentunya sangat mempengaruhi tampilan Ribbon pada Excel 2013.

Beberapa faktor tersebut – lah yang mempengaruhi letak dan posisi ikon pada menu Ribbon Excel 2013. Namun kita tidak perlu khawatir karena sebenarnya seperti yang saya sebutkan sebeleumnya bahwa tampilan ribbon akan otomatis diringkas dan dikelompokkan menurut fungsi dan kategori masing – masing dan kita masih bisa menggunakan menu ini sepenuhnya.

Demikian Artikel kali ini semoga bisa bermanfaat, jika masih ada masalah atau pertanyaan silahkan sampaikan saja pada kolom komentar yang tersedia. Sekian dan Selamat Belajar.

1 comments


EmoticonEmoticon