Mengenal Fitur – Fitur Baru Dalam Excel 2013

Mengenal Fitur –Fitur Baru Dalam Excel 2013 - Excel 2013 hadir dengan fitur – fitur yang paling dibutuhkan dari versi sebelumnya, jika kita masih menggunakan Excel versi sebelumnya mungkin kita ingin tahu fitur apa saja yang dihadirkan dalam Excel 2013 ini. Berikut ini adalah ringkasan perubahan – perubahan yang sangat penting dari versi sebelumnya yaitu Excel 2010.
Jika kita sebelumnya menggunakan Excel 2010, kita juga akan menemui kemampuan yang sama dalam Excel 2013 disamping Add-Ons dan juga tambahan dalam beberapa fitur baru yang sangat berguna. Beberapa fitur yang tersedia dalam Excel 2013 antara lain.

  • Integrasi dengan Fungsi Windows 8
Seperti pada semua program Microsoft Office, Excel 2013 ini mengambil keuntungan dari penggunaan sistem operasi Windows 8, ketika Excel dijalankan dalam computer dengan sistem operasi Windows 8 Excel juga tampil seperti layaknya Windows 8, baik dari elemen dan pengunaannya yang termasuk juga kemampuan untuk digunakan dengan layar sentuh.

  • Menggunakan 1 Window tersendiri pada setiap dokumen
Jika pada sebelumnya semua dokumen berada dalam 1 program dengan tab berbeda, dalam Excel 2013 masing – masing dokumen spreadsheet yang kita buka akan berada dalam satu wondow yang berbeda.

  • Fungsi – fungsi baru
Lebih dari 30 fungsi ditambahkan pada Excel 2013 yang bisa kita gunakan untuk mengolah data yang kita perlukan, ditambah lagi dengan auto fix error yang sangat kita perlukan apabila ada satu atau lebih formula yang error.

  • Flash Fill
Jika kita mengolah data yang berupa list kita bisa menggabungkan atau memisahkan juga memformat data dalam cell, dan setelah itu Excel akan otomatis mendeteksi data yang kita ketikkan dan menawarkan kemudahan mengisi cell secara otomatis.

  • Quick Analysis
Terdapat satu buah fitur dimana kita dimungkinkan untuk dapa menganalisa data yang telah kita miliki dengan cepat pada cell yang kita tentukan.

  • Rekomendasi Pivot Table
Pivot Table dapat digunakan untuk membuat ringkasan data secara fleksibel. Kita bisa memilih cell mana yang akan dijadikan sebuah pivot table tanpa mengganggu pekerjaan data yang sedang berlangsung.

  • Rekomendasi Chart
Sebagaimana pivot table, Chart ini juga mennyediakan berbagai macam jenis dan bentuk yang cocok berdasarkan datayang kita miliki, kita bisa memilih format dan tampilannya sesuai dengan kebutuhan kita.

  • Chart Formatting Control
Kita bisa mengatur chart yang telah kita buat berdasarkan data yang ada, mengubah layout, judul dan juga unsur yang ada di dalam chart tersebut.

  • Chart Animation
Selain bisa dikostumisasi sepenuhnya, chart pada Excel 2013 juga bisa dibuat dengan model animasi tertentu yang akan dapat mempercantik tampilan chart, sehingga tidak tampak membosankan.

  • Penyimpanan Cloud (online)
Selain semua fitur lengkap yang tertera di atas, Excel 2013 ini semakin diperlengkap lagi dengan fasilitas penyimpanan secara online, dimana kita dimungkinkan untuk dapat menyimpan dokumen di OneDrive. Dan bukan hanya itu, kita juga bisa menyimpan file yang sudah kita buat pada server yang telah kita buat sendiri.

  • Akses dan edit file secara online
Bukan hanya penyimpanan saja yang bisa dilakukan secara online, kita juga bisa mengedit atau bahkan berkolaborasi dengan pengguna yang lain dalam mengembangkan suatu dokumen tertentu.

mengenal fitur fitur baru dalam excel 2013

Itulah tadi beberapa fitur – fitur baru yang hadir dalam Excel 2013 dibandingkan dengan Excel versi sebelumnya yaitu Excel 2010, dengan adanya perubahan – perubahan tersebut sudah barang tentu kita akan lebih dimudahkan dalam mengelola data pekerjaan maupun tugas kita dengan baik dan benar.


EmoticonEmoticon