Cara Menggunakan SSH

Cara Menggunakan SSH | Jumpa lagi sobat Multi Clip Media kali ini saya akan menunjukkan bagaimana cara menggunakan SSH dengan mudah, baik SSH yang sobat dapatkan dari server gratis maupun SSH dari server berbayar. cara menggunakan SSH ini relatif sangat mudah dan tidak terlalu rumit, kita bayangkan saja saat kita menggunakan SSH kita sedang terhubung dengan komputer server sehingga kita bisa menggunakan akses komputer server tersebut di komputer kita.

SSH sendiri merupakan suatu jaringan yang memungkinkan beberapa atau banyak komputer terhubung dalam satu jaringan yang aman dan terenkripsi jadi dengan menggunakan SSH segala sesuatu yang kita akses bisa dirahasiakan datanya melewati tunnel SSH ini. penggunaan SSH ini juga memungkinkan kita untuk menyembunyikan IP asli komputer yang sedang kita gunakan karena secara harfiah IP yang kita gunakan untuk akses internet adalah IP dari komputer server dimana kita sedang terhubung.

Untuk dapat menggunakan SSH kita harus mempunyai akun SSH dari komputer server yang nantinya akan kita gunakan untuk login dan terhubung dengan server tersebut. atau bisa dikatakan untuk menggunakan SSH diperlukan adanya server dan klien yang memiliki otorisasi untuk terhubung.

Dalam pembahasan kali ini saya akan khususkan pada penggunaan SSH di komputer klien. dan untuk itu kita memerlukan beberapa program aplikasi yang dapat dipergunakan oleh komputer klien untuk terhubung ke server diantaranya adalah Bitvise SSH Client, Putty dan masih banyak lagi dan sobat bisa mencarinya di website resminya dan tidak perlu khawatir karena program aplikasi yang saya sebutkan tadi merupakan program open source dengan lisensi gratis.

Baiklah, langkah pertama yang kita lakukan untuk memulai menggunakan SSH ini adalah dengan menginstall program aplikasi SSH klien (saya khususkan saja di Bitvise SSH Client) di komputer kita.

Setelah kita memiliki aplikasi SSH Klien terinstall selanjutnya kita membutuhkan akun SSH yang akan kita gunakan untuk login nantinya. silahkan sobat telusuri website yang menyediakan akun SSH ini secara gratis untuk uji coba saja, selebihnya setelah kita paham nanti silahkan gunakan Akun SSH Premium berbayar agar aksesnya bisa lebih lancar. Contoh website yang menyediakan akun SSH gratis yang saya sarankan antara lain : mytunneling.com atau fastssh.com atau bisa juga di createssh.com. buatlah akun ssh di salah satu website tersebut dan setelah berhasil mari kita simak pembahasan lebih lanjut berikut ini.

Hal - hal yang perlu diatur untuk menggunakan akses SSH adalah sebagai berikut :

  • Mengatur Host dan Username
Untuk mengatur Host dan Username mari kita perhatikan gambar berikut ini :
cara menggunakan ssh

  1. Kita pilih dulu tab Login
  2. Pada kotak Host kita masukkan IP host nya, bisa menggunakan IP numerik maupun IP domain.
  3. Pada kotak Port kita masukkan port yang disediakan server untuk akses SSH. biasanya SSH ini menggunakan port 443, 22, 143 dan bisa juga 80 tergantung setting pada server
  4. Sebelah kanan pada kotak Username kita masukkan username yang sudah kita miliki baik yang kita buat sendiri dari web gratisan tadi atau juga yang disediakan oleh server premium berbayar
  5. Pada kotak Password silahkan masukkan password yang kita miliki.
  6. Sebagai tambahan agar Username dan Password bisa tersimpan dalam profile bisa kita centang "Store encrypted password in profile" agar jika akan kita gunakan lagi 
  7. Jika kita menggunakan proxy untuk koneksi kita bisa atur proxynya dengan memilih pada Proxy settings dan tergantung proxy yang kita gunakan dan biasanya SSH ini support proxy dalam bentuk HTTP.
  • Mengatur Proxy Forwarding
Proxy Frowarding adalah proxy yang nanti dapat kita gunakan untuk forwarding ke program aplikasi seperti Proxifier maupun VPN dan biasanya forwarding ini mendukung proxy berbentuk HTTP maupun Socks. untuk mengaturnya mari kita simak gambar berikut ini :

cara menggunakan ssh
  1. Kita menuju ke tab Services
  2. Pada segmen SOCKS/HTTP Proxy Forwarding kita centang Enable
  3. Pada kotak Listen interface kita isikan saja ip localhost yaitu 127.0.0.1
  4. Pada kotak Listen port kita masukkan angka yang nantinya akan digunakan pada aplikasi Proxifier atau VPN sehingga nanti kita mempunyai proxy "127.0.0.1 port 1080". angka tidak harus 1080 bisa juga menggunakan listen port lain yang belum digunakan di komputer kita.
  5. Untuk setting lainnya biarkan saja default.
  6. Setelah setting selesai jangan lupa untuk menyimpan profile dengan mengklik Save profile
  7. Selesai. tinggal login dan menggabungkannya dengan Proxifier atau VPN dengan proxy sesuai setting pada proxy forwarding ini.
Demikian pembahasan singkat kali ini. jangan ragu untuk bertanya jika masih belum paham dengan menuliskannya di kolom komentar, saya pasti akan jawab apa yang saya ketahui tentang cara menggunakan SSH. Sekian semoga bermanfaat dan selamat mencoba.


EmoticonEmoticon