Tips Merawat PC Windows

Beberapa hari terakhir ini saya sering mendapatkan keluhan dari teman - teman saya tentang PC atau komputer mereka yang menggunakan sistem operasi Windows. Alasan yang paling banyak saya terima adalah tentang kenyamanan menggunakan komputer mereka. pada dasarnya hal itu biasa terjadi pada pengguna komputer yang masih awam karena disamping pengetahuan mereka tentang komputer yang digunakan mereka juga masih belum terlalu banyak mendapatkan pengalaman tentang menggunakan komputer pribadi mereka. Mulai dari yang paling sederhana saja yaitu bagaimana seharusnya mereka menggunakan komputer dan sekaligus juga merawatnya agar performa dan juga kenyamanan penggunaannya selalu terjaga. 

Sebenarnya untuk dapat merawat komputer berbasis Windows ini relatif mudah dan tidak terlalu memakan waktu, namun memang terkadang pengguna komputer pemula masih belum begitu yakin apa yang bisa dilakukan akibatnya menggunakan komputer tersebut hanya sekadar bisa nyala saja. nah apabila kamu juga termasuk dalam kategori pengguna komputer dengan sistem operasi Windows pemula berikut ini akan saya jelaskan beberapa hal yang dapat dilakukan untuk merawat komputer kamu.

  • Kenali spesifikasi komputer kamu

Seperti pepatah bilang, "Tak kenal maka tak sayang". untuk dapat merawat komputer yang kamu gunakan tentunya kamu harus mengerti seperti apa spesifikasi komputer yang kamu gunakan. mulai dari kemampuan processor, kapasitas Random Access Memory (RAM) sampai berapa kapasitas Hard Drive (Harddisk) pada komputer kamu. selengkapnya silakan baca artikel : Cara Cek Spesifikasi Komputer Windows

  • Memasang atau Menginstall Program

Kebanyakan kasus yang dikeluhkan teman - teman saya yang saya sebutkan di atas adalah masalah pemasangan program. banyak program - program atau software yang semestinya tidak diperlukan dan juga program aplikasi yang didapat dari internet terpasang semua di komputer. hal ini tentu saja dapat menjadi kendala bagi penggunanya baik dari segi kompatibilitas maupun pengaruh terhadap kinerja sistem. jadi sebaiknya kamu periksa program atau aplikasi apa saja yang sebenarnya diperlukan.

  • Gunakan Antivirus

Sampai pada saat ini sistem operasi Windows merupakan sistem yang paling banyak terdapat virus, baik itu virus dari internet, dari PC lain ataupun semata - mata karena kesalahan program tertentu saja. Untuk mencegah agar virus tidak menular ke komputer kamu sebaiknya gunakan antivirus, bisa pilih antivirus yang gratis atau berbayar. Untuk pengguna Windows 7, 8, 8.1 atau Wondows 10 sebenarnya sudah terdapat program antivirus bawaan yaitu "Windows Defender" yang sebenarnya berfungsi sama seperti anivirus yang lain, namun jika menggunakan antivirus bawaan Windows ini kamu harus sering - sering melakukan update terhadap aplikasi maupun "virus definition" nya.

  • Kelola penataan file dengan baik

Usahakan untuk dapat selalu menempatkan file di hard drive dengan baik, karena apabila kamu menempatkan file - file yang kamu miliki dengan rapi maka akan mudah kamu ingat sehingga tidak perlu mondar - mandir di Windows Explorer /File Explorer untuk dapat menemukan file yang kamu cari. kelihatannya memang tidak terlalu penting akan tetapi masalah penataan file ini juga dapat mempengaruhi kinerja harddisk komputer kamu. jadi alangkah lebih baiknya jika file - file seperti dokumen, foto, video ataupun file - file yang lain kamu tata sedemikian rupa sehingga mudah untuk ditemukan.

  • Menghidupkan dan mematikan komputer

Pada item ini saya khususkan bagi pengguna komputer laptop maupun notebook, karena sering sekali saya jumpai pengguna laptop tidak mematikan komputer ketika hendak membawanya pergi atau berpindah tempat. Perlu diketahui bahwa dalam sebuah komputer laptop terdapat piranti keras atau Hardware yang bergerak yaitu Harddisk, dalam keadaan menyala harddisk ini bagian dari harddisk yaitu platter sedang berputar di kisaran 5.000 sampai dengan 17.000 rotasi per menit dan tidak semua harddisk dilengkapi dengan shock absorber jadi ketika harddisk ini berputar dan laptop kamu mendapat getaran diluar batas kewajaran maka dikhawatirkan dapat melukai harddisk dan berakibat fatal. selain itu juga banyak perangkat keras yang tidak dirancang untuk dapat menerima getaran maupun benturan, jadi sebaiknya matikan laptop kamu total, setalah itu bisa secara aman kita bawa kemana - mana.

Demikian hal - hal mendasar yang dapat kita lakukan untuk dapat memperlakukan komputer berbasis Windows dengan baik tenatunya masih banyak lagi cara yang dapat dilakukan untuk dapat merawat komputer dengan benar namun akan saya bahas pada kesempatan lain. sekian kali ini semoga bermanfaat.




EmoticonEmoticon